Perjalanan di Jalan Jawa Timur

Tertanggal 29 Oktober 2014. Gw pergi dinas ke Jawa Timur selama 3 hari 2 malam saja. Kenapa sebut provinsinya? Karena gw akan ke beberapa kota di Jawa Timur. Singkatnya mulai hari ini gw berangkat penerbangan jam 6 sore!! Terbayang sudah perjalanan malam dari bandara Juanda, Surabaya menuju kota Tulungagung. Siap2in badan.

Mendarat di Surabaya hampir jam 8 malam, lanjut perjalanan langsung ke Tulungagung dengan Xenia. Setelah perjalana  1 jam, mampir ke tempat makan selama 30 menit, lanjit perjalanan lagi. Berdasarkan pengalama perjalanan darat malam hari di Jawa Timur menuju kota yang jauh, pasti pak supir kebut2an dan salip sana sini. Gw langsung inisiatif pakai seatbelt di bangku tengah daaan mulai tertidur sambil berdoa terus.

Tiba di kota Tulungagung jam 12.30 dini hari. Total perjalanan 4 jam dari bandara Juanda. Beruntung masih ada kamar kosong di hotel Narita dan alhamdulillah, hotelnya bersih & nyaman.

Keesokannya jam 10 pagi, kita mulai menjalankan tugas. Kami menyelesaikan tugas di Kabupaten Tulungagung dulu lalu kami berjalan lagi menuju kota Blitar. Perjalanan kota Tulungagung- kota Blitar hanya 1 jam jika tidak terpotong waktu makan kami. Hehe. Di Blitar, kami langsung menyelesaikan tugas lagi dan sesudahnya kami melanjutkan perjalanan kembali ke Surabaya via Malang dan tibalah kami di Surabaya dalam waktu 3 jam, sempat mampir ke Sidoarjo untuk beli oleh2.

Apa yang gw dapat dalam perjalanan jauh antar kota kabupaten tersebut? Capek jelas!! Hehe.. menariknya tiap waktu sholat kami berhenti untuk sholat di Masjid2 yang entah di daerah mana. Makan di tempat asing dan melihat pemandangan yang luar biasa indah. Jawa Timur memang punya pemandangan yang indah dengan kontur dataran yang hampir stabil, maksudnya nggak harua melalu naik gunung turun lembah antar kota/ kabupatennya (kecuali kalau mau ke Bromo & gunung2 lainnya). Lalu tiap kota/kabupaten yang gw lewati, semuanya hidup & ramai. Bukan berarti Surabaya yg menjadi ibukota provinsi saja yang ramai melainkan kota/kabupaten lainnya juga produktif.

Ini bukan kali pertama gw ke Jawa Timur. Sebelumnya gw udah pernah perjalanan jauh ke Bondowoso & Jember (5 jam lebih dari bandara), pernah juga ke Banyuwangi via Denpasar (6 jam perjalanan). Pernah ke Probolinggo (hanya 2 jam lebih), namun dilanjutkan ke Bromo (lupa berapa jam dr Probolinggo..hehe). Yang paling favorit adalah Malang, pernah via Surabaya (2 jam) dan mendarat di Malang langsung. Lalu sempat ke Kediri (3 jam dari bandara) dan Mojokerto (3 jam juga). Kediri ternyata hidup karena adanya pabrik rokok lokal terbesar di sana, Gudang Garam. Lalu Mojokerto, awalnya gw underestimate mengadakan kegiatan di sini berarti susah penginapannya. Etapii…penginapan bergaya cottage dan diperuntukkan untuk training ini indah banget, kabarnya didirikan oleh perusahaan/universitas gitu.

Yap..perjalanan Tulungagung & Blitar saat ini menambah daftar tur gw di Jawa Timur.🙂