Minum Pil KB

image

Setelah 15,5 bulan melahirkan Kiya, akhirnya gw menjalani program KB. Jujur aja kegalauan ingin memakai KB jenis apa udah gw pikirin sedari masa nifas selesai. Rekomendasi dari mama dan dokternya adalah IUD, tapi gw takut. Haha. Dan karena selama 1 tahun setelah masa nifas selesai, gw belum menstruasi lagi, jadi gw masih PD bahwa KB alami gw masih berjalan karena masih menyusui intensif (tanpa sufor) ke Kiya. Pada akhirnya persediaan asip gw kurang saat mau dinas, tepat umur 1 tahun 2 minggu Kiya minum susu formula. karena sudah ada susu formula gw jadi santai pumping di kantor, nggak kejar tayang lagi. Satu bulan setelah Kiya nggak intensif asi, gw mulai menstruasi lagi. Yap, artinya pabrik siap beroperasi lagi ^^.

Gw harus menentukan jenis KB apa yang digunakan sesegera mungkin. Oya selama masih KB alami, kadang2 suami memakai kondom untuk jaga-jaga, tapi kadang nggak juga. Hehe. Akhirnya awal bulan September gw mulai minum pil KB merk Exluton 28 yang kata dsog gw aman untuk ibu menyusui. Gw minum tiap hari saat tiba di kantor (jam 9 pagi), sampai pada hari ke-6 minum pil KB, tiba2 perut gw sakit melilit dan buang air mencri, sampai suatu malam gw dibawa ke UGD karena sakit banget dan diinfus karena gw udah lemas. Ternyata penyebab gw sakit itu karena gas di perut banyak banget (kok bisa ya padahal gw cma telat makan besar sekali, itu pun makan kue-kue). Gw sakit begini sampai 4 hari, dan minum pil KB tetap gw lanjutkan.

Sampai minum pil ke-11, tiba-tiba gw mensruasi lagi, padahal baru saja selesai mens kurang dari 2 minggu lalu. Dan darahnya banyak sampai hari ke-6, pas hari ke-7 langsung berhenti mens-nya tanpa ada flek2 seperti mens normal. Hari kedua mens, badan gw terasa lemas dan nggak bergairah sama sekali, akhirnya gw hentikan minum pil KB ini. Keesokan seteah berhenti minum pil KB, gw semangat lagi. Setelah cari tau sana sini, karena pil KB mempengaruhi hormon efeknya adalah perdarahan (menstruasi) yang sering, pemurung, sakit perut (bisa jadi gas di perut saat itu karena pil juga), dan beberapa hari kemudian gw sadari kalau kulit di perut kok kaya timbul kutil-kutil kecil yah. haduh, intinya gw nggak cocok minum pil KB, penyesuaian ke badan gw efeknya tidak menyenangkan. Tapi pil KB exluton ini tidak mempengaruhi jumlah asi gw, alhamdulillah tetap lancar da cukup buat Kiya.

so, next pikirkan KB apalagi ya?? IUD ntar aja deh…hehe.

Tinggalkan Balasan

