Adzkiya bikin passpor

Aiih mau kemana nih neng Kiya? Hehe..persiapan aja insya Allah jika ada rejeki mampir mungkin kita sekeluarga bisa jalan2 ke LN. Aamiiin.

Dalam rangka perpanjang passpor gw, mama, papa, dan bikin passpor baru untuk abang dan adzkiya, maka gw pun langsung daftar online ke imigrasi.co.id. Nah ingin berbagi sedikit tentang proses pembuatan passpor si kecil/anak di bawah umur, mumpung masih fresh tadi siang.

Jadi gw daftar online dulu semuanya, bayar ke bank BNI 355 ribu plus admin bank 5 ribu total 360 ribu per orang passpor 48 halaman. Semua berkas yang harus dilengkapi orang dewasa tertulis jelas di sana. Untuk yang anak di bawah umur yang ragu2, hasil googling ketemu blog (maaf lupa sumbernya) yang bahas tata cara isi form online untuk anak2. Jadi untuk form nomor ID, pilih NIK dan tulis nomor NIK anak yang ada di kartu keluarga (KK). Tanggal dikeluarkan KK dan habis berlaku dihitung saja 5 tahun setelah KK dikeluarkan. Pekerjaan isi saja “Lainnya”.

Lalu yang saya baru tahu juga bahwa berkas2 anak adalah:
1. Fotokopi KK
2. Fotokopi akte lahir
3. Fotokopi buku nikah orang tua
4. Fotokopi KTP kedua orang tua
5. Surat ijin orang tua di tandatangani di atas materai 6000 (beli di koperasi kantor imigrasi)

Lanjut cerita di kantor imigrasi Jakarta Selatan siang tadi, gw dan keluarga tiba di sana jam 8 kurang 10 menit. Ambil nomor antrian yang online dapat nomor 35-39. Jam 8 tepat baru dimulai panggilan pertama dan jam 9.15 kami mulai dipanggil, pertama gw dan Kiya yang masuk tetapi karena berkas Kiya kurang (fotokopi kedua orang tua, fotokopi buku nikah orang tua, dan surat ijin orang tua) jadi kita keluar lagi untuk melengkapinya. Di situasi Kiya lagi rewel dan berkas kurang alhasil gw kesel dan panik donk. Pas keluar gw langsung ke koperasinya untuk fotokopi dan beli surat ijin orang tua, lalu gw ke ruang menyusui dan Kiya bobo. Gw lengkapi semuanya dan menunggu mama keluar dari ruang foto.

Jam 10, kami dibantu mama masuk ke ruang foto dan tidak harus mengambil nomor antrian lagi. Di dalam gw langsung di foto dan scan sidik jari, tidak wawancara mungkin karena perpanjang passpor. Lalu untuk foto Kiya agak menunggu, setelah giliran Kiya mau difoto gw deg2an takut Kiya susah diam dan Alhamdulillah nih anak duduk dengan anteng sambil lihat kamera donk (atau si bapak yang ambil foto?) Haha…sekali jepret jadi deh. Sudah selesai proses kita di kantor imigrasi. Passpor diambil setelah 3 hari kerja yaitu hari Senin depan. Sebelum keluar ruangan gw menyempatkan diri menekan tanda ☺ (Puas) di monitor saran. Alhamdulillah semakin baik pelayanan imigrasi dari 5 tahun yang lalu saat gw bikin passpor pertama kali. Total lama gw di kantor imigrasi juga sebentar datang jam 8 kurang 10 menit (7.50) dan selesai 10.25 (karena ada kekurangan berkas dan Kiya bobo dulu), kalau lancar jam 9.30 kita udah kelar jadi kalau normal cuma 1,5  jam saja. Temen gw ke kantor imigrasi kemarin Selasa, sampai jam 6 pagi bersama 2 anak balitanya dan selesai jam 8.15 total dia di kantor imigrasi 2 jam 15 menit!! Nggak perlu datang pagi2 buta lagi sekarang, toh baru mulai dipanggil jam 8 pagi kok. Hehe…terutama utk yg udah daftar online yah..

Tinggalkan Balasan

