Ramadhan 1435 H is coming

Alhamdulillah..terima kasih Allah telah mempertemukan aku dan keluarga lengkap dengan bulan penuh berkah ini. Tahun lalu, pertama kalinya gw nggak puasa Ramadhan sebab Kiya masih usia 2,5 bulan, masih asi eksklusif. Hari pertama coba puasa tapi baru jam 7 pagi udah nggak kuat menahan hais dan lapar karena Kiya sering menyusu. Dengan ikhlas membatalkan puasa dan tidak berpuasa selama sebulan. Gw membayarnya dengan fidyah, semoga Allah menerima amal ibadah ini..aamiiin.

Tahun ini, gw mulai puasa lagi. Inshaa Allah PD karena Kiya udah umur 13 bulan, udah makan dan tambahan susu formula sejak usia 1 tahun. Puasa pertama jatuh pada hari Minggu 29 Juni 2014, di rumah Kiya sering minta mimi, gw penuhi dan ya gw terasa haus tapi gw akali dengan sering rebahan jika terasa lemas & haus. Alhamdulillah cara ini membantu hingga gw kuat sampai maghrib. Berikut tips2 gw yang menyusui balita 13 bulan (yg masih sering mimi asi, meskipun udah tambah sufor dan makan) dalan menjaga puasanya hingga berbuka di waktu maghrib:
1. Menu sahur gw mulai dengan buah, terutama buah yg banyak airnya seperti semangka, melon, pepaya dsb. Baru makan nasi dan lauknya.
2. Tidak minum teh saat sahur karena tanin dalam teh menghambat zat besi diserap tubuh. Zat besi penting untuk menjaga tubuh tetap bugar dan nggak bikin keliyengan.
3. Pengganti teh, gw minum susu kedelai mama soya. Tujuannya ya untuk booster asi di siang hari selama puasa (booster ini cocok buat gw)
4. Perbanyak minum air putih selama sahur. Yap..dari dulu gw memang suka minum air putih yg banyak saat sahur, kali ini porsi airnya bisa 2 kali lipat.
5. Setelah sahur jangan langsung tidur, karena memperlambat metabolisme dalam mencerna & menyerap makanan. Bisa diisi dengan menyiapka  menu anak atau mengaji setelah sholat subuh.
6. Makan tetap 3 kali sehari yaitu sahur, buka puasa, dan sebelum tidur. Tapi kalo gw antara makanan buka puasa dengan makan sebelum tidur dikombinasikan makanan berat (nasi+lauknya dan kudapan berbuka), entah makanan berat dulu saat bukpus dan kudapan saat sebelum tidur atau sebaliknya daan tetap banyaj konsumsi air putih saat setelah berbuka.

Alhamdulillah cara2 di atas bisa mempertahankan puasa gw 3 hari ini dengan keadaan fit dan segar (oke..gw tetap nggak tahan ngantuk saat di kantor atau perjalanan) plus tetap bisa menyusui saat di rumah dan perahan asi masih bisa 2 botol asip…alhamdulillah

Tinggalkan Balasan

