Kenapa Kiya memulai MP-ASI lebih awal?

Gambar

Sebenarnya lebih awal di sini cuma hanya 5 hari lebih dulu sebelum ulang bulan Kiya yang ke-6, Kiya tepat 6 bulan di tanggal 14 November 2013, tetapi gw udah memberikan Kiya MP-ASI di tanggal 9 November 2013. Bagaimana pun juga kondisi tiap bayi berbeda, maka gw pun nggak mau ngotot untuk menunggu tanggal 14 November 2013, sebab Kiya sudah menunjukkan ciri-ciri “ingin makan” atau “kurang kenyang dengan ASI saja”. Melihat tingkah-tingkah Kiya seperti;

1. Suka geregetan untuk hisap, jilat, gigit dengan gusi apa pun yang ada di dekatnya. Dari mulai tangan sendiri, tangan yang gendong dia, mainan teethernya, tempat bedak, bahkan perlaknya..haha.

2. Lebih agresif, kelihatan nggak tenang dan suka teriak-teriak

3. Permintaan minum ASIP-nya meningkat selama gw tinggal kerja, dari 4 botol menjadi 7 botol yang isinya 80-100 ml/botol

4. Tidur siangnya sebentar banget cuma 5-10 menit

Sebenarnya orang tua gw sudah menyarankan untuk segera memberi MP-ASI di awal bulan November, tapi gw menunggu Kiya pas 6 bulan menurut hitungan kalender Hijriah dulu yang jatuh tanggal 8 November 2013, karena gw juga mau lihat perilaku Kiya dulu karena kebetulan seminggu sebelum tanggal 8 November ini gw cuti, so gw bisa kasih Kiya ASI sepuasnya. hehe… Alhamdulillah selama gw cuti Kiya tercukupi kebutuhan perutnya, meskipun geregetannya masih ada tapi tidur siangnya bisa lama. Yaiyalah dikelonin emaknya sambil nenen😀.

So, maka pada hari Sabtu tanggal 9 November 2013 Adzkiya pun mulai makanan padat pertamanya yang dimulai dari puree beras merah ditambah ASIP. Ekspresi pertama makan, mukanya dikernyitin..hahaha, Lalu coba beberapa sendok lagi masih terasa asing, Kiya cuma mau mangap karena mau gigitin sendoknya…hehe. Selesai makan yang hanya 5-6 sendok bayi dan teksturnya masih encer banget, Kiya gw kasih air putih daaaan pup-lah dia…hihi, perutnya langsung penuh ya Nak🙂.

Tiga hari setelah MP-ASI, perilaku-perilaku Kiya di atas berkurang dan bobonya lebih nyenyak di siang hari dan bisa sampai 1-1,5 jam lho…Alhamdulillah, gw tidak salah membaca sinyal dari Kiya dan Kiya pun makannya mau. Berbekal ilmu dari parenting class dengan dr. Tiwi, kalau permulaan MP-ASI bayi nggak usah ditargetkan banyak-banyak dulu, dibawa santai saja, dapat 1 sendok disyukuri, namanya bayi baru belajar dan adaptasi. Happy MP-ASI Kiya sayaaaang, insya Allah mama kasih homemade MP-ASI selalu yaaa😀.

 

Tinggalkan Balasan

