Review Kiya’s gear and products

Ternyataaa kebutuhan bayi itu nggak sebanding sama ukuran tubuhnya yaa…si kecil Kiya ini kebutuhannya bisa memenuhi kamar kalo digabung. Waktu belanja pertama kali untuk Kiya, gw pikir udah cukup, setelah Kiya lahir ternyata kebutuhannya tidak pernah cukup. Adaaaa aja belanja tambahan ini itu, well…demi anak manis ini, rela deh kita😀. Jujur saja, sejak Kiya lahir dan gw cuti, gw sangat hobbbiiiii bgt belanja online, tentunya belanja keperluan bayi, sambil mimiin Kiya, buka tab, pesan dan hubungi si papa untuk transfer uangnya…hahaha. mudahnya belanja jaman sekarang. Untuk babyshop online apa saja, ntar di lain waktu gw review yak..

Ok, ini dia barang2 untuk Kiya yang memenuhi rumah nenek..hehe.

1. Stroller, Bouncer goyang dan Playgym

image

Stroller Kiya merknya Elle seri Huntington warna biru muda, kita beli di toko Happy Bear ITC Kuningan setelah Kiya umur 3 minggu. Harganya 1 jutaan, bisa dilipat, bayi menghadap kita dan tarikan bannya enak & mudah tapi agak berat juga yaa. Hehe..well, sejauh ini sih enak pakenya tapu gw masih ada niatan untuk ganti yang lebih ringan. Eniwei, ini sebetulnya kado dr kantor tapi beli sendiri, hihi..

Bouncer goyang merk pliko warna biru-hijau muda, pas lagi beli stroller, melihat benda ini sepertinya lucu, beli aaah, mumpung jatah uang kado dari kantor masih cukup..hehe. Harganya 300 ribuan di toko yang sama dengan stroller. Bouncer ini seperti kursi goyang, ada tombol untuk melodi, lampu, dan getar di bawahnya. Nah jika tida ingin digoyangkan, bagian bawahnya bisa digeser agar posisi bouncer tetap stabil dan vayi bisa bobo. Sejauh ini Kiya hanya sedikit menikmatinya karena sering nangis, tapi sesekali ampuh juga buat taro Kiya klo kita capek gendong.

Playgym atau playmate ini barang baru Kiya, merknya Bright Starts dengan harga 285 ribu di Fany Baby Shop Itc Kuningan. Gw udah liat2 playgym ini di internet karena sekarang Kiya udah senang melihat mainan yang menggantung2 di atas. Awalnya Kiya sangat suka playgym-nya ini, tapi kelamaan dia bosen daaaan tetap lebih suka kipas gantung yang ada di langit2 ruang keluarga..yaaah nak🙂

2. Baby carriers aka gendongan

image

Gendongannya Kiya ada 5 sebetulnya, yg 1 lupa difoto. Empat adalah kado dan 1 doank yang beli. Gendongan yang beli sendiri warna coklat bentuknya sling dengan kain agak tebal merk Kukuma, beli di Matahari dept.store harganya 150 ribu-an(klo gak salah). Lalu gendongan lainnya yg bentui sling kain tipis motif kepik merah (tak ada dalam foto) kado dari tante gw. Moby wrap warna biru jelas sekali gendongan bentuk wrap yang nyaman bgt sebetulnya tapiii repot euy pasang-bukanya, waktu Kiya msh piyik bgt gendongan ini berguna banget lho, tapi sekarang (3bln) udah agak susah, gendongan ini kado dari teman kantor.

Gendongan lainnya merk Baby Scotts dengan bentuk kaya ransel, kado dari temannyan si papa Kiya, sejak Kiya usia 2 bulan & udah bisa digendong posisi berdiri, gw suka pake gendongan ini saat jalan2 ke mall, nyaman buat bayi dan ibunya. Sejujurnya pengen banget cari gendongan model ini tapi yang lebih bagusnya, yg lebih empuk & ergonomis, tapi harus rela mengeluarkan uang ekstra nih…hehe. Daaaan gendongam sepanjang masa, kain panjang batik hadiah dari eyang putrinya Kiya yang paling mudah & nyaman digunakan terutama untuk neneknya…:D

3. Perlengkapan mandi, perawatan, dan diapers

image

Peralatan mandi Kiya terdiri dari bak mandi baby looney toones warna putih list hijau, baknya ukuran sedang dengan harga 165 ribu. Sebetulnya pengen bak mandi Puku warna pink, tapi mahalll. Hehehe.. Produk2 sabun dkk-nya gw beli mostly merk Zwitsal karena gw suka harumnya, tapi ada juga merk lain kaya baby oil Johnson2 atau Cussons, diaper rash creamnyq Cussons, minyak telonnya Ny.Meneer/Tresno Joyo/ bebe roosie cream (suka bgt ini), sejak kulit kepala Kiya kering2 gw beli minyak kemiri Kukui dan shampoo Sebamed. Alhamdulillah 2 minggu pemakaiam, kulit kepalanya membaik.

Kiya ini kebanyakan gw pakein diaper sekali pakai dari lahir, pake popok kainnya cuma 3 bulan itu pun siang hari saja dan jarang2..hehe. Diapernya gw pilih merk Pampers dan Merries, Merries lebih lembut dan sirkulasi udaranya jg bagus jadi gw pakaikan di siang hari supaya nggak panas & lembab, sedangkan Pampers gw pakaikan setelah mandi sore karena lebih bagus daya serapnya. Sedangkan clodi yang gw punya hanya 3 (itu pun kado..hehe) belum gw gunakan karena belum paham pengaturan pakai clodi. Untuk tissue basah gw pakainya beda2 dari pure baby, cussons, dan pigeon. Dan kapasnya gw pakai 2 yang gulung 500 gram dan bola kapas.

4. Perlengkapan menyusui
image

Alhamdulillah Kiya masih mimi asi eksklusif hingga 3,5 bulan ini, semoga berhasil eksklusif sampai 6 bulan dan mimi asi sampai 2 tahun, aamiiin. Selama cuti, gw nggak terlalu repot dengan pritilan2 aksesoris asip (asi perah), karena Kiya masih menyusu langsung dari pabriknya. Sampai Kiya umur 2 bulan kurang, gw mulai memerah asi dengan breastpump untuk persediaan asip Kiya saat gw kerja kantor nanti. Breastpump yang gw pakai ada 2 merk: Avent manual dan Medela harmony (difoto memang ada merk Pigeon premium tapi beoum gw pakai..hehe). BP Avent merupakan kado dari teman2 kantor dan Medela pinjaman dari teman kantor, kedua merk ini menurut gw nyaman digunakan dan hasil perahan juga memuaskan. Avent memiliki bantalan yg nyaman saat menempel dgn payudara sedangkan Medela printilannya sedikit yg kotor jadi mudah dicuci & dipasang.

Untuk botol penyimpanan asip gw menggunakan botol ex UC1000 dan botol tutup karet serta 4 botol RBS hadiah paketan cooler bag dari teman. Botol kaca yg gw gunakan untuk simpan asip dalam freezer hanya 34 botol, sisanyangw pakai kantong plastik Natur, karena lebih irit penyimpanan di dalam kulkas alias gak makan tempat. Gw pakai freezer kulkas 2 pintu, jika mnggunakan botol kaca maka 35 botol sudah memenuhi 1 rak, muatan botol hajya 100-120 ml plg banyak. Sedangkan kantong plastik bisa sampai 150 ml.

Yup, gw memang menggunakan botol dot untuk minum asip Kiya nanti, meskipun katanya tidak bagus menggunakan dot, lebih baik sendok/cup feeder/pipet. Katanya lagi, botol dot membuat bayi bingung puting sehingga berefek bayi tidak mau menyusu dari payudara ibunya nanti. Tapiiii bagi yang akan mengasuh Kiya nanti akan lebih mudah dengan botol dot, sendok maupun cup feeder apalagi pipet harus ekstra sabar karena harus dipegang terus dan sedikit2 minumnya. Naaah…setelah tanya pengalaman teman2 dan orang tua dulu, alhamdulillah anak2 bayi mereka dengan menggunakan dot tetap mau menyusu langsung dari payudara ibunya, mudah2an Kiya juga begitu. Botol2 yang gw beli pertama kali adalah dr.Browns 120 ml sebanyak 3 botol, pertama kali coba saat Kiya ukur 10 hari, 3 minggu, dan 1 bulan dengan botol dot ini, alhamdulillah Kiya mau dan lahap miminya. Naaah, krn ketakutan bingung puting itu, gw pun tidak mau memberikan Kiya botol sering2 sebelum 2 bulan, jadi Kiya cumba coba 3 kali itu saja mimi di botol. 1,5 bulan sebelum mulai masuk kantor lagi, Kiya dicoba mimi asip pakai botol lagi daaaan Kiya nggak mau!!! Walah…akhirnya mulailah kami berburu dot/nipples bentui lain seperti pigeon dari bentuk dot biasa yg silikon, rubber yg lebih lembut, dan peristaltik, kemudian coba huki yg gepeng juga. Hasilnya, belum berhasil..hiikkss.

Gw menggunakan sabun cuci merk Sleek untuk cuci pakaian dan cuci botol atau peralatan bayi lainnya. Sejak ada sterilisasi cairan dari Sleek, gw pun ingin mencobanya in case gw lagi jalan2 nggak ada air panas untuk bersihinnya. Sikat botol dan dot berguna untuk membersihkan botoo2 dan dot, terutama dot harus rajin dibersihkan karena jika ada gumpalan susu yg tertinggal akan menyumbat lubaang dot. Sikat gigi gw pakai untuk menyikat bagian dalam botol ex uc1000 karena lubang botolnya keciiilll nggak bisa masuk sikat botol biasa.

Gw menggunkan alat sterilisasi merk Baby Safe dan Panasonic ( yg ini belum dipakai), kedua sterilizer ini adalah kado..hihi. Baby Safe bagus dan mudah digunakan, tidak ada kekhawatiran botol atau dot meleleh karena ada peringatan waktunya. Warmer botoo yang gw pakai merk little giant, standar sajalah penggunaannya.

Penyimpanan botol dan drying rack merk Puku warna pink ini sudah menjadi incaran selama ini dan baru ketemu ol shop yg jual lebih murah…hehe. Tempat botol Puku ini ternyaya cukup besar lho, muatannya banyak dan ada drying rack untuk botol2. Suka banget sama stuff ini🙂, oya hargajya 135 ribu di ol shop.

Breastpad dari awal gw pakai merk Pigeon, alhamdulillah nyaman. Kemarin baru beli merk precious bee, belum diapakai, mudah2an nyaman juga. Stuff yg belum punya terkait menyusui ini adalah nursing cover. Ok, masuk list belanjaan berikut.

5. Pakaian
Pakaian Kiya standar pakaian bayi pada umumnya. Untuk pakaian sehari2 Kiya pakai baju2 dan celana2 yg belinya lusinan dengan merk Libby, Nova, Little Queen atau Fluffy. Sedangkan baju siangnya (habis mandi pagi) pakai jumper2 keluaran Carter’s yg lucu2 itu. Membeli pakaian bayi sifatnya kontinyuitas karena tidak terasa, bajunya tiba2 udah kekecilan aja…hehehe. Mungkin banyak yg bilang beli baju bayi jangan banyak2 karena cepet nggak muatnya, memang betul tapi apakah ibu mau melihat bayinya pakai baju itu lagi itu lagi dalam waktu 2 hari saja? Hehehe…akhirnya gw pun beli lagi baju bayi tambahan, tapi langsung beli ukuran M dan L, nggak apa2 kebesaran nanti juga pas🙂.

 

[UPDATE]

6. High chair dan booster seat

Menjelang MP-ASI Kiya, seperti ibu2 baru kebanyakan gw pun heboh membeli kursi makan buat Kiya. Awalnya ragu antara yang kecil/pendek (booster seat) atau sekalian high chair. Alhasil, karena titip papa Kiya beliin di ITC Kuningan sepulang kerja, dibeliin papanya yang booster seat merk Summer warna krem-pink. Bangkunya kecil tapi cukup buat Kiya, ringan tapi bahannya kuat, bisa dilipat, mudah dibawa, dan mudah dibersihkan. Akhirnya Kiya mulai MP-ASI dengan booster seatnya ini. Dua bulan berjalan MP-ASI, gw tergoda membelikan Kiya high chair karena lebih aman bisa ditinggal saat duduk di sana, kalau booster seat Kiya udah lasak banget (bisa terjungkang nanti, ini tergantung kelasakan si anak yaah..hehe). Akhirnya beli high chair merk Chocolate tipe 5… (lupa gw..haha) dengan harga 550 ribu di Ocha Baby Shop ITC Kuningan. Gw puas sama high chairnya, bisa disetel ketinggian kursinya, disetel jarak mejanya, mejanya juga lebar & mudah lepas pasang, bisa dilipat kakinya, dan motif sarung kursinya lucu polkadot warna warni. Puas deh. Senengnya lagi Kiya senang banget duduk di high chairnya dan bisa ditinggal sembari dia dikasih mainan.

7. Stroller dan Baby Carrier

Beli stroller dan baby carrier lagi? Iyap..haha. Dasar ibu2 baru semua serba excited tentang pernak pernik si anak. Gw membujuk papa Kiya untuk beli stroller lagi dengan alasan agar muat di bagasi mobil Avanza orang tua gw tanpa melipat bangku belakang,  maklum masih numpang mobil ortu dan harus rela berpadat2an dengan keluarga abang gw. Singkat cerita, kami cari stroller yang jika dilipat kecil, ringan, dan mudah adjustnya, kami tidak memasukkan kategori harus bisa recline dan face to face karena Kiya udah besar dan duduknya sudah mantap. Akhirnya kami menemukan Pliko Peg Perego Mini warna merah polos. Yess..gw puas dapet harga 1,8 juta (budget kita maks 2 juta) karena motif lainnya harga 2,2 juta aja gitu..hehe. P3 Mini ini sesuai standar yang kita cari.

Lalu baby carrier gw minta tolong papa Kiya belikan merk Ergo Baby (gw jujur beli kw karena ori terlalu mahal untuk kami). Pak suami beli di ITC Kuningan (emang ITC langganan buat beli perlengkapan Kiya deh ini) dapet harga 395 ribu warna cokelat-oranye. Coba di rumah, Kiya belum nyaman pakai ergo baby. Setelah umur 7 bulanan dicoba lagi saat Kiya mau naik motor sama mama-papanya dan dia senang. Alhamdulillah nggak sia-sia. Oya meskipun ergo baby kw, bahannya bagus dan kuat juga, halus bahan dan jahitannya. Ya sekarang pilihan aja mau ori atau kw sesuai kemampuan masing-masing.

One thought on “Review Kiya’s gear and products

  1. Ping-balik: Review Breast Pumps | Mama Mel's Notes

Tinggalkan Balasan

