Kontrol Kehamilan #8: Cek di RSB Duren Tiga UK 36 minggu

Akhirnya Sabtu lalu tanggal 27 April 2013, saya dan suami coba cek kehamilan pertama kali selain di RSIA Budi Kemuliaan, kita kali ini coba cek di RSB. Duren Tiga. Kenapa di sini? karena saya ada rencana untuk melahirkan di sini sebab lebih dekat dengan rumah, dan setelah mengikuti kelas senam hamil & hypno di sini saya dapat informasi dari bidannya bahwa RS ini pro normal dan pro ASI (mereka todak menyediakan sufor). Insya Allah mudah-mudahan benar. Awalnya saya masih bingung untuk ke dokter siapa, karena saya inginnya dokter wanita sedang dokter kandungan yang tp markotop di RSB Duren Tiga ini adalah dr. Fachrudin, SpOG yang jelas sekali pria,  hehe…

Saya pun perhatikan jadwal dokter kandungan di papan rumah sakit dan konfirmasi di telepon bahwa hari Sabtu malam ada dokter wanita bernama dr. Nana Agustina, SpOG. Saya pun daftar jam 6 sore langsung di bagian pendaftaran rumah sakit, dapat antrian nomor 9 (ya ampun, orang 1-8 dari jam berapa ya stanby di sana..hehe), dan jadwal praktik dokter baru mulai jam 7 malam. Saya dan suami sholat maghrib dulu di musholla dan kemudian pergi makan di luar RS. Balik lagi ke RS jam 7.15 malam, menunggu di ruang tunggunya yang tidak nyaman menurut saya si bumil tua ini. Space tempat duduknya sempit dan AC-nya nggak terasa sama sekali, soo gerahlah saya bermandikan keringat, padahal ini malam hari lho. Saya dan suami pindah ke tempat duduk yang dekat pintu saja supaya ada angin-angin semilir masuk.

Saya pun dipanggil untuk periksa berat badan dan tensi darah dan hasilnya BB 73,4 kg sedangkan tensi 120/80 mmHg. Alhamdulillah, berat badan sudah sangat naik..hahaha (nduuut..) dan tensi normal. Lalu saya menunggu lagi dan baru tiba giliran masuk jam 8.35 malam. Syukurlah ruang dokternya dingin sejuk. Saya berkenalan dengan dokter Nana dan diminta untuk berbaring di tempat tidur, langsung dibuka perutnya sama suster dan diberi gel untuk USG. Saya lihat monitornya yang terletak di samping saya dan jujur nggak jelas karena dokternya cepat-cepat sekali menggerakannya, dia ngerti tapi saya sebagai orang awam bingung. Jadi saya bertanya-tanya saja bagaimana posisi bayi, berat badan, dll. Alhamdulillah dijawab semua pertanyaan saya sambil dokternya lihat monitor USG, posisi kepala di bawah, perut janin di sisi kanan perut  saya (panteess…kok rasanya perut kanan saya terasa kebih berat & panggul terasa lebih pegal di kanan), jumlah air ketuban bagus, denyut jantung bagus, saya ditanya ada pergerakan nggak sejam sekali dan tentunya ada, jenis kelamin sama seperti pemeriksaan di RSIA BK yaitu perempuan, daaaan eng ing eeeng berat badan janin 3263 gram!!! Masya Allah, kok berat ya dek? pantees… Dududuuu..padahal berharap dede lahir sekitar 3-3,2 kg..eeh ini baru usia kandungan 36 minggu udah 3,2 kg aja. Duuh…khilaf nih makannya di trimester ketiga.

Sejujurnya, sejak USG terakhir di Budi Kemuliaan pada usia kandungan 29 minggu berat janin sudah pas 1400 gram. Nah, setelah itu kan saya masuk trimester ketiga dan rasa lapar pun berkurang daripada trimester sebelumnya. Saat makan utama, saya nggak bisa banyak karena sudah kenyang (intinya porsi nasi saya kembali ke masa sebelum hamil), tetapi untuk ngemil meskipun tidak lapar tapi saya ikutan latah ngemil bareng para bumil muda di kantor…jadilah seperti ini si dede, nduut😀.

Dan setelah di USG, dokter tanya saya rencana persalinan apa, dan saya jawab normal insya Allah dan kemudian dokternya bilang untuk periksa dalam. Saya pun dituntun suster buka celana, trus dokter pake sarung tangan karet dan gel daaan jleb,,rasanya ngilu-ngilu gimanaaa gitu..hehe *gini toh rasanya periksa dalam?? yaah..cobain dari awal deh sebelum hari H nanti :)*, tanggapan dokter setelah periksa dalam adalah panggul saya bagus untuk lahiran normal, aamiiin Ya Allah semoga benar bisa normal lancar alami spontan😀. Oya, si dokter Nana tanya tentang hasil lab saya tapi saya nggak bawa kopiannya, dan saya juga nggak bawa buku catatan dokter Dwiarti dari RSIA Budi Kemuliaan untuk bahan rujukan dokter Nana. Mungkin pertemuan berikut baru saya bawa lagi.

2 thoughts on “Kontrol Kehamilan #8: Cek di RSB Duren Tiga UK 36 minggu

  1. Halo , saya aulya..boleh tau ga, awal pemeriksaan kehamilan setelah mengetahui hamil sama dr.Nana itu cara transvaginal atau usg biasa? Trmksh

    • Hai mba…maaf aku kontrol kehamilan dari awal sampai bulan ke 8 di dr.dwiarti soebarkat di rsia budi kemuliaan, baru dr. Nana di minggu ke 36. Waktu itu usg pertamaku di sana utk mengetahui kehamilan pke yg transvaginal di usia kandungan 7 minggu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s