Kontrol Kehamilan #7: Cek biasa

Selasa pagi kemarin, saya datang ke RSIA Budi Kemuliaan dengan dr. Dwiarti yang praktik jam 08.00-12.00. Saya tiba di RS jam 8 lewat dan langsung registrasi daaan tetap aja dapat nomor antrian dokternya ke-12, bah udah rame aja ya. Saya hari ini tidak di USG sebab kontrol sebelumnya di USG. Si dokter hanya memeriksa perut saya, napas, dan denyut jantung janin dengan doppler. Kemudian beberapa tanya jawab:

1. Bu dokter hampir saja menyuruh saya untuk suntik imun anti-tetanus, namun dia batalkan sebab saya punya riwayat sakit asma. Katanya imunisasi tersebut memicu alergi bagi penderita asma. Jadi, bu dokter menasihati saya agar saat mendekati persalinan nanti dan saya sudah merasa kontraksi teratur, saya harus segara ke RS dan jangan sampai melakukan persalinan di rumah atau tempat tidak steril lainnya. Intinya dari suntik imunisasi anti-tetanus itu adalah untuk mencegah bayi baru keluar dari mulut rahim terkontaminasi dengan virus tetanus, maka tempat persalinan harus steril untuk menghindari infeksi tersebut.

2. Saya mengeluhkan sejak minggu (masuk bulan ke-8) bahwa setiap saya mau buang air besar, perut saya terasa sangat mules. Tetapi setelah bab, perlahan mulesnya hilang. Si dokter hanya menyarankan saya untuk makan sayuran hijau lebih banyak dan buah-buahan juga. Okelah bu… tapi menurut saya pribadi ada pengaruhnya dengan ukuran janin yang semakin besar dan mendesak usus-usus saya (mungkin lho..hehe) dan pengaruh gas di dalam lambung yang meningkat. Lebih parahnya, semalam saya mengeluhkan mules yang sangat hingga terasa sakit sampai ke punggung, badan saya menjadi sangat lemas dan berkeringat, setelah 5 menit sakit saya bab kemudian masih sakit selama 10 menit, saya ke toilet lagi dan ternyata bab cair, setelah 5 menit baru sakit mulesnya hilang.

3. Saya tanya posisi janin bagaimana. Alhamdulillah kepala dede sudah di di bawah (dede pintaaar :D), tapi belum masuk panggul. Jadi saran si dokter saya harus banyak jalan agar kepala janin segera masuk panggul. Katanya usia kandungan 8 bulan sudah harus masuk, bismillah semoga dede segera turun masuk panggul🙂. Aamiin…

4. Saya disarankan untuk kontrol 2 minggu sekali dan dijadwalkan untuk datang tanggal 30 April dengan USG untuk memeriksa jumlah cairan ketuban saya yang menurut dokter dari hasil USG sebelumnya bahwa indeks ketuban 11,1 merupakan indeks ketuban untuk hamil 8 bulanan (saat itu uk saya baru masuk 7 bulan). Bismillah dengan minum air putih banyak semoga air ketubannya pas untuk si dede tidak sedikit dan tidak berlebih.

Tinggalkan Balasan

