Mari kita senam (hamil) :)

Saya sudah berniat untuk ikut senam hamil di saat usia kandungan 30 minggu, tapiii baru terwujud di usia kandungan 33 minggu karena “baru sempat” (baca: malas)😛 hehehe… Tujuan saya ikut senam hamil ini sebab saya ingin merenggangkan dan merilekskan otot-otot badan yang semakin besar si dede semakin mudah pegal, saya juga ingin tubuh saya lebih elastis agar mudah proses persalinan kelak, dan menambah pengetahuan gerakan-gerakan persalinan nanti (maklum anak pertama🙂 ) plus saya memang suka senam atau olah tubuh. Sebelum mulai senam, saya survei ke beberapa rumah sakit yang menyediakan jasa senam hamil, survei ini saya dapatkan dari hasil googling, nanya ke teman dan kakak ipar serta tanya langsung ke RS yang bersangkutan:

1. RSIA Budi Kemuliaan; jadwal senam hamil di sini yaitu pada hari Rabu dan Sabtu, dimulai pukul 09.00-selesai (biasanya 1 jam) dan biaya sekali pertemuan Rp. 10.000 saja.

2. RS. JMC; saya tanya ke kakak ipar dan teman saya yang kontrol di sana, jadwal senam hamil di sini hanya pada hari kerja Senin, Selasa, dan Rabu (lupa dimulai jam berapa) dan biayanya sekitar Rp. 50.000 – Rp. 60.000. (informasi lebih lanjut telepon ke RS JMC aja yaa🙂 ).

3. RSIA Tambak; infonya saya dapat dari hasil googling dan ternyata banyak yang ikutan senam hamil di sini yaa. Jadwal senam hamilnya Rabu puku 16.00-17.00 dan Sabtu 09.00-10.00 dengan biaya Rp. 35.000 per pertemuan

4. RSB Duren Tiga; saya telepon ke rumah sakit ini untuk tanya informasi senam hamilnya dan jadwalnya ada di hari Rabu dan Sabtu. Sabtu pukul 11.00-12.00 dengan biayasekali  pertemuan Rp. 30.000.

Akhirnya, Sabtu lalu tanggal 6 April 2013 saya memutuskan ikut senam hamil di RSB Duren Tiga alasannya karena paling dekat dengan rumah. Jadi membuat saya bisa rutin ikut tiap minggu karena nggak malas datang😀. Saya tiba di RSB Duren Tiga pukul 10.40 setelah saya dan suami pergi ke RS THT Proklamasi sebelumnya. Saya mendaftar dan bayar senam hamil di tempat pendaftaran lantai 1 rumah sakit, lalu ke ruang senam hamil di lantai 3 dengan menggunakan tangga (saya nggak tau ada lift atau nggak di RS ini). Ternyata di ruang senam masih ada kelas Hypnobirthing yang sudah dimulai dari jam 9 pagi tadi. Saya pun menunggu di ruang tunggu dan ketemua dengan bu bidan di sana, dia cerita-cerita tentang kelas hypno yang sedang berlangsung sekarang, dia menjelaskan bagusnya hypno dan kebetulan saya memang tertarik ikut kelas hypno ini. Alhasil, saya pun ingin ikut kelas hypno ini mulai minggu depan😀.

Jam 11 lewat 15 menit, kita pun masuk ke dalam ruang senam. Peserta senam yang baru mulai ada 3 orang termasuk saya dan 3 orang lagi peserta dari kelas hypno yang ingin ikutan senam juga. Total peserta senam ada 6 orang hari itu. Bidan yang tadi berbincang-bincang dengan saya ternyata menjadi instruktur kami hari itu. Ruang senamnya ini nuansa temaram, dingin, tenang, dan beralunkan musik klasik. Aiiih, nyaman sekali… Disediakan pakaian senam bagi bumil yang ingin berganti pakaian tetapi boleh juga memakai baju masing-masing. Sebelum dimulai, kita dikasih roti isi 1 buah dan setelah senam selesai dikasih segelas susu coklat hangat. Nyaaamm…

Senam hamil yang diajarkan merupakan gerakan-gerakan dasar senam dan dijelaskan manfaat gerakan tersebut, ada gerakan yang boleh dilakukan di rumah dan ada yang dalam pengawasan bidan. Ternyata senam hamil ini hanya setengah jam lebih kurangnya, sisanya penjelasan tentang laktasi dan pentingnya hypnobirthing saat melahirkan nanti. Dari penjelasan bu bidan ini, saya menangkap bahwa dokter-dokter di RSB Duren Tiga ini pro normal dan hypno, RS ini juga mau menyetel lagu klasik untuk pasiennya yang rutin ikut kelas hypnobirthing. Bu bidan juga tidak segan-segan memberi nomor hp-nya kepada murid hypno jika kapan pun dia dibutuhkan saat persalinan nanti (bagi pasien RSB Duren Tiga tentunya).

Oya, tak disangka di kelas senam hamil ini saya ketemu temas SMP…hehe. Namanya Rina. Dia sudah meghitung hari untuk lahiran dan pasien di RSB Duren Tiga tersebut dengan dokter Fakhrudin. Hmm..saya jadi berpikir-pikir lagi nih untuk melahirkan di RSB sini, dekat dengan rumah, dokter pro normal, RS pro ASI, semua kamar rooming-in dengan bayi, dan harga tidak jauh beda dengan RSIA Budi Kemuliaan, tapi ada dokter perempuannya nggak yaaa…. Mari kita cari info tentang RSB Duren Tiga😀.

Tinggalkan Balasan

