Jadwal minggu pagi ini: Jalan Pagi

Alhamdulillah, hari ini saya genap berusia 26 tahun. Syukur pada-Mu ya Allah atas berkah usia hingga saat ini. Memasuki bulan ke-8 kandungan saya, saya ingin rutin bergerak alias olah tubuh, dari mulai senam hamil hingga jalan pagi di tiap hari minggu. Pagi ini, saya mengajak suami jalan-jalan di komplek perumahan BIN (dulu lebih dikenal Bakin). Kompleknya sangat luas dan terdapat lapangan sepak bola berumput yang luas juga, pohon-pohon besar menaungi jalan-jalan di sekitar lapangan, super sejuk, bersih dan nyaman suasana di sini. Saya berjalan keliling lapangn 2 kali lalu berjemur selama 15 menit, sebelum tiba di komplek ini saya dan suami sudah berjalan-jalan di komplek rumah setengah jam lamanya.

Saat berjalan dan berjemur di lapangan Bakin, saya rajin menarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya kembali, latihan untuk menahan sakit kontrkasi nanti..hehe. Selain itu, memasukkan oksigen sebanyak-banyaknya ke dalam tubuh. Ohya, sejak hamil usia 30 minggu-an ini saya sering merasa sakit di perut bagian kanan saja, sakitnya itu seperti masuk angin yang jika saya elus-elus langsung bersendawa mengeluarkan angin, dan punggung bagian kanan juga sering mengeluhkan pegal-pegal. Nah, saat jalan-jalan pagi ini saya sengaja menggerakkan seluruh bagian tubuh agar peredaran darah lebih lancar dan saya agak konsentrasi untuk menggerakkan bagian kanan. Alhamdulillah, benar saja sesampai di rumah, punggung dan perut bagian kanan saya terasa lebih enak, tidak sakit lagi. Saya pun berkesimpulan bahwa peredaran darah di sisi tubuh kanan saya kurang lancar terbukti juga dari stretch mark yang lebih banyak di perut kanan. Hmmm…jadi ini toh pentingnya tidur miring ke sisi kiri dan bumil besar untuk selalu aktif bergerak..hehe😀.

So, pelajaran hari ini yang saya dapat adalah bahwa sejak hari ini saya ingin aktif bergerak. Beda dengan hamil muda yang harus menjaga aktivitas, justru bumil tua harus banyak gerakan tubuh (tapi tetap dalam batas ibu hamil yaaa…). Karena semakin besar berat janin, tidak sedikit pembuluh darah dan otot yang terdesak/tertekan sehingga perlu peregangan untuk memperlancarnya. Kunci dari keberhasilan suatu persalinan adalah lancarnya peredaran darah kita. Ayo semangat berolahraga (ala bumil)🙂.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s