Kontrol Kehamilan #6: USG lagiiii ^_^

Tertanggal 11 Maret 2013, saya dan suami pergi ke RSIA Budi Kemuliaan untuk cek kehamilan bulan ini. Harusnya jadwal saya tanggal 13 Maret, berhubung mau dinas tanggal segitu jadi kita majuin deh. Saya dan suami pulang kantor lebih cepat, tiba di Budi Kemuliaan jam setengah 4 sore, langsung ambil nomor untuk registrasi. Tapiiii…kok ya hari ini nih RS kelihatan rame betul yaaa, saya baru dapat nomor antrian 12 orang lagi!! Biasanya cuma 5 orang paling banyak. Waduh, apa karena ini hari Senin PLUS besok tanggal merah kali yaa (entah ngaruh apa nggak, tapi memang kalau hari Senin lebih ramai). Akhirnya, setelah nomor saya dipanggil dan ditensi dan ditimbang selesai jam setengah 5 sore, dan mulailah kami duduk manis menunggu untuk masuk ruang USG dan kemudian ruang dokter. FYI, ruang USG dan dokter spesialisnya terpisah. Menunggu..menunggu…dan 2 jam lebih kemudian (setelah suami sholat maghrib), giliran kami masuk ruang USG dan (catatan lagi) yang USG bukan dokter tapi Sonograf (2 kali sebelumnya saya juga di-USG dengan sonograf dan 1 kali dokter umum). Karena si sonograf udah kelihatan letih sebab banyak pasien hari itu, jadi dia langsung aja periksa saya, berteriak ke temannya yang mencatat hasil USG menerangkan sedikit sedikit saja tanpa penjelasan yang menurut saya kurang puas.

Alhamdulillah menurut hasil USG, si dede di usia 29 minggu baik dan sehat-sehat saja. Presentasi kepala yang artinya kepala di bawah (tapi masih kemungkinan berputar-putar, ya iyalaah si dede masih lincah banget ini), tulang tengkorak normal, tulang paha bagus, BB 1400 gram, indeks air ketuban 11,1 (kata dokter spesialisnya masih sedikit, tingkatkan dengan minur air yang banyak), daaaan yang kami tunggu tunggu adalah jenis kelamin si dede sudah terlihat…si sonograf menyebut jenis kelamin si dede adalah perempuan. Meskipun jujur saja saya dan suami nggak ngerti dimana jelasnya itu gambar USG bahwa jenis kelamin dede perempuang…hehehe. Trus si ibu sonograf juga memperlihatkan wajah dede yang katanya, “hidungnya mancung, mirip siapa ya?” sambil memandang kami berdua.. Jelas saya ya buu ^__^. Alhmadulillah….semua baik dan meskipun si ibu sonograf nggak banyak kasih info lagi kami maklum karena dia capek sedang banyak pasien.

kiri: penampakan jenis kelamin dede, kanan: bentuk wajah dede🙂

detak jantung janin 136 bpm (beat per minute)

penampakan tulang paha janin dan tulang tengkorak/ lingkar kepala

Selesai di USG, kami antri untuk dokter spesialis lagi, tapi antrinya didahulukan karena dari ruang USG. Saya shoalt maghrib dulu dan 15 menit kemudian dipanggil masuk ke ruang dr. Dwiarti. Si dokter sudah menerima hasil tes darah saya hari Jumat sebelumnya dan dia komplain lagi karena Hb saya tetap di bawah nilai rata-rata yaitu 10 dari 9,9 pada dua bulan lalu. Saya diminta makan yang bergizi sedikit dan minum yang banyak karena air ketuban saya masih rendah. Waaakksss….kurang bergizi apa saya dok makannya, sejak hamil saya aja mual-mual bau makanan di luar rumah makanya saya lebih sering makan masakan rumah tanpa penyedap rasa dan semua serba alami, saya suka makan buah hampir tiap hari, makan sayuran lebih sering dan tiap makan saya selalu memperhatikan nilai gizinya, saya minum susu tiap hari, minum vitamin tiap hari dan saya minum sangat banyak setiap harinya…kurang apa coba?! *emosi ini hanya terpendam, tidak disampaikan tentunya ^^*. Saat di ruang dokter saya hanya menjawab “Iya dok…”

Vitamin saya untuk kontrol bulan ini tetap sama yaitu Folamil genio, Vossecal dan vitamin penambah darahnya diganti menjadi Ferospat yang bentuknya seperti CD-R atau redoxon, tablet yang dilarutkan dalam air. Tujuannya agar lebih mudah terserap daripada tablet sebelumnya.

Mungkin dokternya lupa bahwa saya pernah bilang jika bapak saya juga mempunyai Hb yang rendah dan tiap kali saya maupun bapak saya cek darah hasil Hb kami memang selalu di bawah rata-rata. Jadi saya bawa enjoy aja, saya tetap menjalani pola makan bergizi menurut saya tanpa tekanan Hb saya harus naik dan saya minum air putih lebih dari 8 gelas tiap hari seperti biasanya plus makan buah dan vitamin. Bismillah..semoga dede dan saya dalam keadaan sehat selalu. Aaamiiin ^__^.

Tinggalkan Balasan

