Kontrol Kehamilan di RSIA Budi Kemuliaan

Sejak pertama sadar akan kehamilan saya, kami memeriksa kandungan di rumah sakit dekat kantor di RSIA Budi Kemuliaan di Jakarta Pusat. Pertama kali kontrol hingga sekarang ini dengan dr. Dwiarti Subarkat, SpOG. Dokternya cukup menyenangkan dengan tidak terlalu banyaknya tuntutan dari dia, dia jelas menerangkan makanan apa saja yg harus saya hindari, rajin makan apa saja, dan yang selalu diwanti2 adalah tida boleh menahan pipis. Itu harus!. Dokter Dwi membolehkan saya makan mie dan junk food apa saja & minum sirup atau makan es krim saat trimester awal jika saya tidak mau makan apa pun karena mual dan muntah. Intinya, dokter ingin si ibu tetap ada asupan makanan baru memikirkan gizi si bayi. Alhamdulillah karena saya tidak ada keluhan muntah saat trimester awal, jadi saya bisa makanan yg bergizi. Justru saya nggak bisa makanan junk food yg banyak penyedap rasanya karena bikin saya mual seharian.

Dokter Dwi juga hanya memberikan dua jenis vitamin atau suplemen tambahan. Dan jenis vitamin mulai diganti setelah trimester pertama lewat. Dia juga tidak menganjurkan periksa usg tiap bulan (tiap kontrol), setidaknya 2 bulan atau 3 bulan sekali. Selama tidak ada keluhan apa-apa pada kandungan saya.

Dokter Dwi adalah dokter yang paling banyak jadwal praktiknya di Budi Kemuliaan, dari Senin -Kamis, jadi pasien dia banyak sekali dan setiap saya kontrol, setidaknya saya harus antri 1,5 jam dulu baru mendapat giliran masuk ruangannya. Tetapi sampai saat ini, saya belum memutuskan akan melahirkan di mana & dengan dokter siapa. Saya ingin rumah sakit & dokter yang pro normal dan pelayanan RS yang bagus serta terjangkau harganya. Dan inginnya dekat rumah, sedangkan Budi Kemuliaan ini jauh dari rumah. Mari mencari-cari lagi🙂.

Biaya kontrol di RSIA Budi Kemuliaan;
– periksa dokter spesiais Rp. 125.000
– USG plus print  Rp. 150.000
– vitamin/suplemen utk 1 bulan 2 jenis  +/- 300 ribuan

6 thoughts on “Kontrol Kehamilan di RSIA Budi Kemuliaan

  1. hi bunda… selamat yaa…. skrg usia kandungannya brp bulan? saya dulu anak pertama di dr.dwiarti dia emang dokter yg bisa diandalkan.. baik pula dan berpengalaman.
    oiya bund, boleh tau ga vitamin yg dikasih di awal kehamilan itu vit apa ya? krn saya kayaknya posiif lg nih. tp saya ga sempet cek ke dr dwiarti. krn wkt itu dia ga praktek. jd saya cek ke dokter lain. dan katanya blm nampak apa apa di usg. jd saya blm dikasih obat apapun. nah saya mau jaga jaga aja sih. krn kalo dihitung hitung ini udah 7minggu. dan saya blm balim ke dokter lg. krn ya itu td 2x saya ke dokter selalu di usg. kasian aja baby’nya kalo kena usg terus.
    makasih ya bund..

    • hai bunda amanda… selamat utk kehamilan anak keduanya bun, semoga hasilnya benar positif🙂. saya sekarang sudah masuk 32 minggu, nggak terasa beberapa minggu lagi. hehe…
      Vitamin yang pertama-pertama diberi dr.dwiarti pada trimester pertama ada 2 yaitu folavit dan satu lagi saya lupa namanya tapi fugsinya sebagai antioksidan (info dari apotekernya). Saya minum kedua vitamin itu sampai minggu ke-12, kemudian masuk minggu ke-13 diganti folamil genio dan vossecal (penambah kalsium), setelah ketauan Hb saya rendah ditambah lagi dengan feritrin lalu diganti ferospat.

      Oya bunda amanda, saat kelahiran anak pertama dengan dr. dwiarti prosesnya normal atau sesar? menurut bunda dr.dwiarti pro-normal nggak? makasih… ^^

      • hai bunda melissa…
        bad news.. aku baru aja keguguran hari senin kemarin😦 karena aku pendarahan banyak dan ternyata udah ga bisa diselamatkan.. jd aku dikasih obat peluruh buat bersihin kandungan..
        menjawab pertanyaan bunda, dulu aku anak pertama normal.. dr dwiarti sangat pro normal dan ASI. pokoknya dia ga mau banget cecar kalo emang ga perlu. walopun kita udah teriak teriak minta cecar juga dia ga mau kalo emangbayinya bisa lahir normal hehehe.. cuma kadang saya suka takut sama dokter inj kadang suka “sensi” kalo ditanya masalah mitos mitos kehamilan.. pdhl kan kita cuma pengen tau aja gt maksudnya bener ga.. misalnya kayak minum air kelapa or susu kedele supaya anaknya bersih gituuu.. dia malah ngomel ngomel ga boleh percaya gituan.. ga ada hubungannya katanya hahaha… jd saya suka takut nanya nanya dia deh…😀

      • turut bersedih ya bunda amanda😥. semoga segera diganti yang lebih sehat & kuat🙂.
        syukurlah kalo dr.dwiarti pro normal dan asi meskipun memang aku akui dia agak ketus..hehe. mudah-mudahan aku mantap di rsia budi kemuliaan.
        makasih banyak bun sharingnya🙂

  2. mbak mel aku cari dokter rekomendasi di RS Budi Kemulyaan taunya ketemu blog mbak mel.. aku juga dari awal pre merrital test sama dr dwiarti, sayang RSBK gak askes ya mbak. huhuhu, salam buat dek kiya

    • Hahai…selamat ya kidung utk kehamilannya🙂 seneng deh dengernya. Ooh ada pre merrital tes ya, aku nggak😀. Iya, budi kemuliaan gak kerjasama dgn askes lg pdhl dlu sempet kerjasama.

      Iya..salamnya disampein ke kiya ntar, salsm jg buat calon adik bayi di perut yaa smg kuat😉

Tinggalkan Balasan

