Seberapa penting foto pre-wedding?

Saat ini bagi pasangan yang akan menikah foto pre-wedding sudah menjadi tern yang “harus” ada dalam daftar to-do-list  pernikahan. Foto ini nantinya akan dipajang pada acara pernikahan, untuk menambah dekorasi agar terlihat lebih bagus dan cantik. Tapi seberapa pentingkah bagi kamu (calon pengantin) foto pre wedding ini? Mengingat biaya foto pre wedding yang menelan biaya yang lumayan besar, menurut hasil survey saya menjelang pernikahan, penawaran foto pre wedding sekitar 1,5 – 5 juta tergantung paket yang akan diambil. Standar-standar 2 – 3 juta. Nah, uang segitu lumayan kan, mending untuk nambah porsi katering atau fotografi saat acara.

Kami pun saat itu memutuskan untuk tidak menggunakan fotografi, alasan utamanya karena saya dan suami tidak bisa bergaya, apalagi jika disuruh bergaya mesraan (big NO! kan kami belum sah ngapain foto mesra2an kaya pengantin??) & nggak suka difoto-foto di depan orang banyak gitu (kecuali saat pernikahan beda cerita :D), alasan berikutnya karena biaya yang tidak sedikit untuk foto pre wedding (prewed) ini. Nah, akhirnya untuk mempercantik dekorasi acara pernikahan kami, kita berdua foto-foto prewed sendiri saja, maksudnya dengan modal kamera DSLR saya, cari view yang bagus, bergaya sewajarnya (bukan gaya mesra), minta tolong teman atau kakak fotoin, edit dengan adobe photoshop, dicetak daaaan jadi deh 7 foto prewed kami yang kami letakkan di bingkai all-in-one. Hasilnya? tidak mengecewakan kok😀. Lalu ada tambahan 4 foto yang saya ambil dari foto-foto kami selama ini, saya edit dengan menggunakan scrapbook digital, menambahkan sedikit kata-kata mutiara dan alhamdulillah hasilnya bagus-bagus🙂. Biaya yang habis untuk foto prewed ala kami ini adalah modal bingkai 75 ribu di Ace Hardware, cetak foto lebih kurang 35 ribu, murah kan?

Tambahan dekorasi foto adalah dengan membuat karikatur. Pergi ke kawasan Pasar Baru, memesan karikatur dengan latar taman, berwarna dan jadi juga deh karikatur kami hanya dalam sehari, biaya pembuatan karikatur ini 650 ribu sudah termasuk bingkainya. Selanjutnya kami juga punya ide membuat greeting board, jadi bagi tamu-tamu yang berkenan mengucapkan “selamat” kepada kami, bisa menulisnya di tempat yang kami sediakan. Boardnya saya design di adobe photoshop dengan memasukkan satu foto prewed kami, cetak di tempat kenalan kami dan subhanallah dikasih gratis sama dia beserta bingkainya (makasih mas rian..), modal beli spidol aja 30 ribu di Gramedia. So, foto prewed tidak harus mahal-mahal kaaan…semakin kreatif kamu, semakin bisa mewujudkan pernak-pernik pernikahan yang cantik😉

(foto-foto menyusul yaa)

5 thoughts on “Seberapa penting foto pre-wedding?

    • maaf, berhubung tidak ada yang mengambil foto frame foto dan karikatur saya saat pernikahan jadi saya belum punya hasilnya. Mungkin bisa googling dengan keysearch “karikatur pernikahan”, lebih kurang seperti itu hasilnya. Kalau frame foto saya beli satu framne foto isi 7 bingkai kecil-kecil, belinya di ace hardware.

  1. Kak, rencananya aku juga mau pake paket Tunas Catering-Gadih Ranti. Untuk hasil foto & video dari paket Tunas Catering, apakah bagus?
    Boleh minta rekomendasi (+ contact person) fotografer & video yang bagus?
    Terimakasih

    • Hai..kebetulan aku suka hal-hal yang berbau fotografi, jadi aku berharap banyak hasil foto aku bagus saat pernikahan, aku sampai bikin daftar apa-apa saja yang harus didokumentasikan ke pihak fotografer dari Tunas Katering. Tapi jujur aku kurang puas dengan hasilnya, standar banget. Standar tanpa ada nilai seni sama sekali, plain, datar dalam pengambilan sudut dan gambar, nggak ada bentuk ceritanya. Mungkin bagi kebanyakan orang hasil fotonya cukup bagus🙂. Video-nya lumayan bagus karena dibuat tidak bosan menontonnya tapi alurnya ya standar aja sejalan acara pernikahan.

      Ada beberapa vendor di internet yang saya kagum;
      1) The Daily Studio http://dailyphotostudio.com/
      2) Mint Studio http://wedding.mintstudiojkt.com/
      3) Kebon Foto 43 http://kebonfoto43.com/

      Maaf aku nggak punya CP-nya tapi bisa kirim-kirim email sama ybs. Selamat mencari vendor fotografi yang bagus & memuaskan yaa🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s