H-14 (Review Checklist)

Nggak terasa, sudah H-14 hari menuju hari besar itu. Persiapan 6 bulan lalu kini sudah semakin pendek jaraknya. Alhamdulillah, beberapa sudah dilaksanakan dengan baik, tinggal penyelesaiannya saja. Justru tahap penyelesaian ini yang menurut saya berat, karena kami harus benar-benar detail dan komprehensif terhadap poin-poin yang sudah kami lakukan dari 6 bulan lalu. Selain itu, yang membuat berat adalah pelunasan biaya..hehe. Saya coba mereview apa-apa saja yang sudah dilakukan selama 6 bulan untuk acara nanti:

1. Venue/Tempat: Gedung Aneka Bhakti Kemensos RI

Ini pertama kali yang harus dicari dan dipastikan, karena menentukan kapan tanggal pernikahan tergantung kapan ketersediaan venue pada tanggal yg diinginkan. Alhamdulillah, setelah mencari dalam waktu yang singkat (kurang dr 2 minggu) pada akhir tahun 2011 lalu, kami dapat di Gedung Aneka Bhakti kemensos RI di Jl. Salemba Raya, Jakarta Pusat. Tempat bagus, parkiran luas, dan lokasi strategis. Pembayaran DP sudah dan pelunasannya melalui katering.

2. Katering: Tunas Catering Wedding Package
Kita udah review di 3 karering yang harganya hampir sama dan setelah test food & negoisasi, sepakatlah kami memilih Tunas Catering. Orang tua aku tertarik sama Tunas karena “padang” banget katanya (hadeh..). Sudah memilih menu makanan dari buffet sampai gubukan dan desert-nya, tinggal pelunasannya saja….ini yang beraaaaat :`(. Kita sudah 3 kali main ke kantor Tunas di Kalimalang dan 2 kali test food serta melihat2 dekorasinya.
3. Sanggar Pelaminan dan Rias: Gadih Ranti
Sanggar rias dan pelaminan ini sudah termasuk paket Tunas Catering Wedding Package, diantara vendor-vendor sanggar lainnya yang bekerja sama dengan Tunas, khusus Gadih Ranti kena biaya tambahan. Yo wes, nggak apa2 deh semoga hasilnya juga memuaskan. Kita udah 3 kali main ke Gadih Ranti dan alhamdulillah di pertemuan pertama udah dapat baju resepsi Minang yang sesuai keinginan, warna ungu-emas berbahan beludru🙂. Masih ada perbaikan pada baju pria-nya supaya pas. Beskap-beskap untuk bapak2 udah ada dan beskap untuk saudara kandung serta among tamu juga sudah ditentukan. Baju untuk penerima tamu juga udah oke.Tidak ada make-up test, kalau mau ada kena charge lagi.
4. Baju Orang Tua dan Among Tamu
Baju atasan mama-mama, kita cari sendiri sedangkan kain bawahannya dipinjamkan dari Gadih Ranti. Kami berburu bahan baju di Pasar Tanah Abang Blok A. Alhamdulillah, semua yang dicari ketemu hanya dalam 3 toko tekstil. Baju untuk mama-mama dapat warna krem utk akad dan ungu utk resepsi, dan baju ibu-ibu among tamu beli warna dasar coklat-gold dengan bunga-bunga ungu serta kain bawahannya warna ungu-emas. Kain sepupu perempuan kandung dibelikan dgn motif yang sama seperti ibu-ibu among tamu tapi warnanya pink, sedangkan saudara kandung & ipar perempuan warna ungu muda-tua yang cantik banget. Oya, untuk kain nenek-nenek dicari warna yang lembut yakni warna krem. Sedangkan untuk saudara sepupu laki-laki dibelikan baju batik. Teman-teman perempuan kain satin warna ungu-gold dan prianya baju batik warna ungu. Yup, bungkus dan semua sudah disebarkan kepada yang bersangkutan.
5. Seserahan, Mahar, dan Cincin
Seserahan sudah mulai kami cicil sedari bulan Januari supaya tidak berat kalau berli sekaligus. Alhamdulillah, seserahan kami sudah lengkap dengan porsi untuk saya 9 kotak utama dan untuk calon saya 4 kotak utama, dan saya mendapat kain tapis Lampung yang bagus dari camer🙂. Semua sudah dimasukkan dengan rapi ke dalam kotak dengan hiasan saya sendiri, hehe. Untuk mahar, saya hanya meminta 1 jenis saja yakni emas yang dibagi menjadi emas batangan dan gelang. Sedangkan cincin, kami membuat 2 cincin dengan model yang sama tetapi bahan beda, bahan cincin saya emas putih dan cincin calon saya perak. Tempat cincin dan mahar sudah ada, sebuah tempat berbentuk kubah masjid warna putih-emas yang saya pesan online.
6. Kartu Undangan
Undangan udah jadi dari awal bulan Mei, dipesan dari April, sekitar 3 minggu jadi. Undangan warna ungu-emas ini berukuran 16×16 cm hard cover. Harga yang didapat Rp. 6000/pcs, total 400 undangan Rp. 2.400.000 alhamdulillah sudah lunas. Undangan juga udah selesai diberi label semua dan sudah dibungkus. Sebagian undangan juga udah disebar, rencananya minggu besok mau sebar undangan yang di kantor. Semoga semuanya berkenan hadir, mendoakan, dan memberi hadiah😀. Aamiiin.
7. Baju Akad
Alhamdulillah, setelah melalui dilema yang panjang sama baju akad, akhirnya saya menemukan baju kebaya putih yang jadi dan sekarang baju tersebut sedang ditambah payet warna emas, semoga hasilnya bagus🙂. Kain bawahan batiknya juga udah jadi rok dan baju akad calonku juga sudah di laundry di 5asec dan hasilnya kinclong banget. Sepasang sendal akad juga sudah siap, tinggal jilbab akad dan slayer buat saya aja yang belum lengkap😦.
8. Souvenir
Ini adalah barang pertama yang disiapkan setelah gedung🙂. Bulan Januari kami sudah memesan souvenir berupa tempat perhiasan mini warna-warni yang dikemas cantik dengan mika dan pita-pita dan jadinya awal Februari. Kartu ucapan terima kasih juga sudah diselipkan di souvenirnya. Semoga semuanya suka menerimanya dan bermanfaat🙂.
9. Kamar Pengantin
Alhamdulillah semua perabotan kamar sudah datang; tempat tidur, lemari, meja rias, meja tv, sebetulnya masih ingin tambah rak serbaguna untuk taro barang2 hobi kita (saya: buku2 dan novel, calon: kaset2 dvd), tapi apa daya kamar sudah tidak cukup menampung perabot lainnya😥. Maklum, kami masih menumpang di rumah orang tua saya. Terus kamar juga sudah di cat dan dikasih wallpaper di salah satu sisinya, gordyn jendela dan gordyn pintu juga sudah siap, tinggal dipasang aja deh. Nah, yang menjadi masalah adalah dekorasinya. Seprei dan bed cover belum beli, mau beli lampu meja juga, belum ketemu tempat dekorasi bunga-bunga dan yang paling penting adalah belum ada ide mau dihias seperti apa kamarnya!! Semoga ada kemudahan dalam seminggu ini. Aamiin.
10. Honeymoon
Rencananya setelah acara pernikahan, kami mau menginap di hotel 1 atau 2 malam, di Jakarta aja. dan sampai saat ini belum ada hotel yang kami pesan. Mahal-mahal banget hotel di Jakarta ya saudara-saudara😦. Sedangkan untuk bulan madu ke luar kota, setelah melalui kebimbangan yang sangat beberapa bulan lalu, kami pun menetapkan di Pulau Belitung, semoga kami dapat menikmatinya dan sangat menyenangkan🙂. Tiket pesawat sudah dipesan (tidak ada penerbangan Garuda ke sana..hiks) dan hotel sudah di booking plus DP. Wait us Belitong😀.
11. Persiapan Pra Nikah
Ini lebih pada masalah kecantikan dan kesehatan atau bahasa inggrisnya health and beauty😀. Sebulan lalu, saya udah ke salon untuk semua perawatan dari facial, meni-pedi pakai parafin, masker rambut, lulur, dan bleaching. Nah, rencananya saya mau ke salon lagi minggu depan untuk perawatan total pra nikah termasuk ratus. Dijadwalkan. Saya juga sudah booking henna wedding dan udah di-DP juga, janjian sama mba-nya tanggal 21 Juni nanti. Di rumah, saya juga merawat diri sendiri seperti memakai krim malam-siang, pakai lotion, creambath sendiri, dan yang paling penting adalah minum vitamin dan madu. Tiap pagi di kantor, saya minum redoxon dan memberikannya juga ke calon saya🙂. Persiapan yang paling utama adalah ibadah, semoga dalam jalur Allah selalu.
12. KUA
Woow..hampir lupa ini. Alhamdulillah setelah bolak balik ke KUA Kecamatan Senen, kami pun bisa membayar penghulunya minggu lalu. Kabar baik yang kami terima saat itu bahwa penghulunya dijemput di Gedung Perpustakaan Nasional, tepat di sebelah Gedung Kemensos. Jadi si Bapak H ini jam 7 pagi ada jadwal menikahkan orang di sana, jam 8 menikahkan kami. Terima kasih ya Allah atas kemudahan ini karena jika kami harus menjemput ke KUA Kec. Senen ribet bin jali…jalanan menuju ke sana sulit, kita aja datang yang ketiga kalinya nyasar melulu..hehe.
13. Penginapan untuk keluarga calon di Jakarta
Nah ini masalah yang berlibet juga. Keluarga calonku ada yang datang dari Lampung beserta beberapa tetangga juga dan dari Jogja. Kami berdua yang tinggal di Jakarta jadi harus mencari penginapan yang bagus untuk mereka, dan yang terjangkau juga harganya sebab harus booking banyak kamar. Awalnya Hotel Atlantik menjadi pilihan pertama, harganya juga tidak terlalu mahal namun kamarnya kecil dan terasa kurang nyaman, padahalh letaknya beda 1 gedung dengan depsos. Kemudian cari2 ke hotel lainnya harga mahal semua atau lokasi jauh. Alternatif berikutnya kami tanya ke Wisma Kemhan di Matraman, lokasi oke dan harga juga oke tapi sayang tanggal 17-26 Juni kamarnya full booked karena ada acara di sana. Kemudian kami bertanya-tanya ke apartemen2 dan ketemulah Apartemen Juanda, harga 650-750 ribu isi 3  kamar, belum survei, semoga cocok meskipun lokasi agak jauh dari depsos. Berikan petunjuk ya Allah. Aamiin.
14. Persiapan Resepsi di Lampung
Insya Allah setelah mengadakan acara akad dan resepsi di Jakarta tanggal 23 Juni 2012, kami akan mengadakan resepsi juga di Kotaagung-Lampung tanggal 14 Juli 2012. Kotaagung adalah kota kelahiran dan tempat tinggalnya si calon, meskipun kedua orang tuanya adalah orang Jogja asli. Persiapan kami ke sana berupa tiket pesawat PP sudah dicetak, alhamdulillah. Untuk saya dan calon tiketnya tidak menggunakan uang sama sekali karena kami pakai GFF mile kami😀. Kemudian souvenir untuk acara di Lampung juga sudah selesai, sudah disimpan di rumah dan siap di bawa ke sana.
Naah…sudah deh review2nya, semoga yang belum selesai bisa segera dikomplitkan, acara berjalan sukses, lancara, dan yang pasti atas ridho Allah selalu. Aamiiin, beri kami kemudahan dan petunjuk-Mu ya Allah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s