Warna-warni Kartu Undangan Pernikahan

Di zaman yang udah serba elektronik ini, kartu undangan masih memegang peran penting dalam suatu acara pernikahan. Pasangan2 dan keluarganya tetap menggunakan kartu undangan untuk mengundang para tamu. Belakangan ini, tempat2 cetak kartu undangan banyak tersedia di kota-kota, khusunya di Jakarta, tempat cetak kartu undangan yang menjadi favorit adalah Pasar Tebet di Jakarta Selatan. Menengok tempat percetakan undangan Pasar Tebet untuk pertama kalinya saat menemani Putri membuat kartu undangan pernikahannya, kita berdua baru tahu kalau lantai basement Pasar Tebet yang menjadi pusat percetakan di sana. Tempat yang tidak terlalu bersih dan bagus ini bahkan bergabung dengan tempat parkir, menghasilkan ribuan kartu undangan setiap harinya. Puluhan toko percetakan undangan tersedia di sana, ada toko yang mempunyai percetakan langsung di sana dan ada pula yang di luar. Selain toko2 cetak undangan, ada juga penjualan frame/bingkai, bisa dipesan sesuai ukuran dengan harga yang miring pula.

Modal pengalaman menemani Putri membuat kartu undangannya, saya jadi tahu bahwa untuk cetak undangan dibutuhkan waktu sebulan. Jadi, pastikan mulai membuat kartu undangan paling telat dua bulan sebelum hari-H, dengan perkiraan waktu untuk labeling dan menyebar undangan. Jenis undangan di bagi dua; Undangan hard cover dan soft cover, undangan soft cover proses pembuatannya lebih cepat (bisa 2 – 3 minggu) daripada hard cover (3 -5 minggu), tergantung disainnya. Kertas yang biasa digunakan adalah kertas jasmine, dimana semakin gelap warna yang diinginkan maka semakin mahal, kenapa begitu? Menurut penjelasan mba toko undangan, kertas jasmine itu hanya memiliki beberapa warna dasar; krem, abu-abu, putih, biru muda, pink, dll (yang warnanya pucat atau muda), nah untuk menghasilkan warna-warna yang kita inginkan maka kertas2 jasmine tersebut harus di lapisi warna lagi. Warna2 seperti maroon, ungu tua, biru tua, hijau tua akan dikenakan biaya tambahan daripada warna dasar. Oya, untuk warna emas/gold sebetulnya juga warna dasar kertas jasmine, karena warna ini laris manis jadi ada tambahan biaya juga. So, tentukan dulu warna2 apa yang mau dipakai, mungkin bisa memadukan warna dasar kertas jasmine dan warna aplikasinya supaya harga udangan tidak terlalu mahal.

Disain undangan dan warnanya ditentukan sesuai dengan warna tema resepsi pernikahan. Berbagai macam model, bentuk, motif, pita, warna undangan beredar di pasaran. Mau buat model sendiri? bisa aja, siapkan disainnya kasih ke pencetak undangan, jangan lupa perkirakan biaya dan waktunya karena disainnya bisa jadi perdana bagi toko pencetak. Kalau bingung, mendingan langsung aja datang ke percetakan dan lihat-lihat model yang ada di sana, pilih salah 1 atau lebih kemudian tentukan ukurannya dan warnanya, biasanya tidak terlalu mahal karena si pencetak udah punya disain dasarnya.

               

            

       

sumber: Google – Gambar dengan keyword “kertas jasmine” dan “undangan pernikahan”

Harga kartu undangan bervariasi, di Pasar Tebet dari hasil keliling-keliling di sana, didapatkan harga undangan soft cover berkisar harga Rp. 1000 – Rp. 4000/pcs, sedangkan hard cover sekitar Rp.  3000 – Rp. 8.000/pcs. Mungkin ada yang lebih murah lagi atau lebih mahal lagi, tergantung permintaan disain dan bahan yang digunakan. Banyaknya jumlah undangan yang dipesan mempengaruhi harga satuannya, memesan 300 undangan akan dikenai biaya satuan lebih besar dibandingkan dengan 500 undangan. Pencetakan undangan pada umumnya disertai free kartu ucapan terima kasih sebanyak undangan yang dipesan dan plastik pembungkus undangan.

So, sebelum deal untuk cetak undangan tentukan dulu:

1. Disain undangan (cari refrensi di internet atau contoh undangan pernikahan orang lain)

2. Warna yang akan dipakai, umumnya dua warna (warna undangan dan amplopnya)

3. Jumlah undangan yang akan dicetak

4. Budget

5. Waktu yang dibutuhkan untuk mencetak dengan sebar undangan

6. Datang ke percetakan undangan dan nego soal disain dan harga🙂

7. Ingat bahwa undangan memang harus menarik tetapi tidak harus mahal karena akan dibuang nantinya.

One thought on “Warna-warni Kartu Undangan Pernikahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s