Sanggar & Pelaminan Pernikahan

Sebelum saya terlibat langusng dengan acara yang namanya pernikahan, saya nggak mengerti apa-apa saja paket yang terlibat dalam acara pernikahan. Jadi, pada acara pernikahan itu ada paket2 yang harus dipersiapkan seperti katering (makanan dan dekorasi ruang), sanggar pelamianan (pelamianan & dekorasinya, baju resepsi, MC resepsi, musik/kesenian hiburan), sanggar rias (rias pengantin & keluarga, baju kebaya), banyak juga sanggar rias dan pelaminan berada dalam satu frame. Karena saya memilih paket wedding organizer yang termasuk katering sekaligus sanggar rias dan pelaminan, jadi saya tinggal memilih sanggar yang bekerjasama dengan katering Tunas, ada 3 vendor sanggar minang di Tunas katering; Komala Hadi, Riz-Q, dan Gadih Ranti, di luar minang ada Roemah Pengantin veny rahman. Sedangkan pelaminan lainnya yang sudah punya nama di dekorasi minang seperti Elly Kasiem, Djus Masri, Des Iskandar menawarkan pelaminan dengan harga yg “wah”  mungkin dengan hasil yang “wah” juga.

Bagi yang menggunakan paket pernikahan, dekorasi pada pernikahan dibagi dua yakni dekorasi pelaminan dan dekorasi katering. Jadi dekorasi antara keduanya harus sinkron dan nyambung, karena dekorasi keduanya dari vendor yang berbeda. Maka dari itu, perlu menyusun konsep dekorasi yang jelas dari awal mengenai warna, aksesoris atau ornamen yang akan digunakan, layout, bunga-bunganya, dan lain-lain, agar bisa dijelaskan pada kedua vendor tersebut. Warna yang digunakan pada dekorasi minimal 2 warna dan tidak lebih dari 3 warna primer atau hasilnya akan tabrakan. pasangan warna-warna biasanya dipadukan dengan warna emas, silver, atau putih. Sekarang ini pelaminan banyak sekali ragamnya, buat yang ingin sesuai adat jangan khawatir karena semua adat tersedia. Beberapa pelaminan adat yang banyak dijumpai adalah:

1 Gebyok; pelaminan gebyok digunakan pada semua adat Jawa dari Jawa Barat sampai Jawa Timur dan bisa juga dikategorikan nasional.

     

2. Pelaminan Minang

  

  

3. Pelaminan Melayu

4. Pelaminan Timur Tengah (rata-rata agak mirip dengan pelaminan melayu)

5. Pelaminan Palembang

6. Pelaminan Lampung

7. Pelaminan Betawi

8. Pelaminan Sulawesi

9. Pelaminan Internasional (pelaminan internasional biasanya menawarkan harga paket yang lebih murah dibandingkan pelaminan adat).

 

Daaan masih banyak lagi pelaminan lainnya yang digunakan orang, tapi menurut pengamatan saya pelaminan yang banyak digunakan adalah gebyok karena lebih nuansa nasional bagi pengantin yang berasal dari beberapa adat yang berbeda. Begitu pula dengan baju pengantin, mayoritas yang digunakan adalah kebaya yang lebih bersifat nasional serta kebaya juga digunakan dengan memadu padankan dengan adat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s