Seserahan, Kotak Seserahan, Tempat Mahar dan Cincin

Bingung mau isi apa saja untuk seserahan? Coba saja buat daftar dulu berdua pasangan, ditulis keinginan si wanita apa untuk seserahan dari pria untuk dia. Jika sudah sepakat, maka mulailah berburu barang-barang seserahan, sebaiknya dicicil, sembari jalan-jalan sekalian cari barang seserahan, jika sedang ada diskon lebih enak lagi😀. Lebih baik memang si wanita membeli barang seserahannya sendiri yang uangnya tentu dari si pria..hehe, agar selera baranga, ukuran dan jenisnya sesuai dengan diinginkan wanita. Begitu pula sebaliknya jika ada seserahan untuk pria, maka biarkan dia yang mencari sendiri atau lebih enaknya dicari berdua, sekalian kencan sekalian cari barang seserahan😀.

Ohya, pada umumnya barang-barang seserahan itu dikelompokkan beberapa kategori yang wajib ada; pelerngkapan sholat (untuk muslim), perlengkapan baju pesta, pakaian kerja, pakaian dalam, dan perlengkapan mandi. Jika mau menambahkan, monggooo… biasanya ada yang ditmabah pakaian santai, benda-benda untuk hobinya, tas, dll. semua tergantung dari kesepakatan dan kemampuan pengantin, jangan dipaksakan barang harus bermerk terkenal, cukup yang biasa dipakai kita saja. Let’s shopping!!

Berbicara tentang membeli kotak seserahan, maka jumlahnya harus bisa dibayangkan sesuai dengan banyaknya seserahan kita, jangan kebanyakan atau kekurangan. Setelah barang-barang seserahan dikelompokkan, maka terbayang berpa banyak kotak seserahan, namun perlu diingat beberpa kategori mungkin membutuhkan lebih dari 1 kotak, misalnya jika ingin membeli perlengkapan pakaian kerja maka bisa jadi 1 kotak untuk baju, blazer, dan celana/rok dan kotak 1 lagi untuk sepatu, tas, dan dompet. Kita juga harus menentukan jenis kotak seserahan seperti apa yang akan digunakan dan bagaimana menghiasnya, apakah sendiri atau menggunakan jasa orang lain. Di tempat saya membeli kotak seserahan, jasa menghias seserahan adalah 35.000/kotak dengan ukuran apa pun.

Berkiut ini adalah beberapa jenis kotak seserahan yang beredar di pasaran (sumber gambar dari google images), ada yang terbuat dari kain dan renda-renda, tutup mika (agar barang tetap tertutup tapi terlihat), dan anyaman dari karet atau daun pandan, dan masih banyak lagi jenis lainnya;

Image  Image

Image  Image

Satu hal yang wajib dalam pernikahan Islam adalah mas kawin atau mahar. Mahar ini adalah sebuah hadiah yang diberikan pria kepada wanita yang akan dinikahinya, hukumnya wajib. Mahar ini dapat diminta sesuai keinginan wanita tetapi tidak memberatkan pria juga. Jadi bicarakanlah hadiah berharga apa yang diminta untuk dijadikan mas kawin (semoga bisa dibayar tunai😀 ).

Pada umumnya, mas kawin di negara kita adalah emas, uang, dan seperangkat alat sholat. Barang-barang mahar tersebut diharapkan dapat digunakan wanita sepenuhnya untuk keperluan dia, sebab itu perlu dipikirkan lagi mengenai mahar uang yang belakangan ini jumlahnya ganjil (disesuaikan dengan angka tanggal pernikahan serta dihias-hias), apakah jumlah ganjil tersebut bisa dipakai kemudian hari? Misalnya tanggal pernikahan 11.11.11 maka uang maharnya sebesar 1.111.111 (satu juta seratus sebelas ribu seratus sebelas rupiah), nah dipikir-pikir jumlah angaka 11 rupiah tidak ada nilainya lagi di jaman sekarang dan lebih anehnya lagi untuk mendapatkan pecahan mata uang kecil maka harus membeli dahulu di toko uang, belum lagi biaya bingkai hiasnya yang kisaran 100-300 ribu. Jadi, mas kawin yang tujuannya bisa digunakan dan nilainya sesuai dengan yang diberikan (tidak ada tambahan jasa ini-itu) malah melenceng dengan kebiasaan mas kawin hias-hias jaman sekarang. Jika memberi mahar uang, berilah dengan jumlah yang bulat seperti 500 ribu rupiah, 1 juta rupiah dst tanpa dihias-hias, selain tidak ada biaya tambahan juga mudah dalam menyebutkannya saat ijab qobul😀. –> Sumber dari Kepala KUA Kec. Senen.

Untuk meletakkan mas kawin saat ijab qobul serta cincin pernikahan, ada beberapa model kotak yang bisa dibeli di tempat kotak seserahan juga, beberapa model adalah sebagai berikut (sumber dari gambar-gambar google) ;

Image  Image Image

Selamat berbelanja para capeng-capeng, semoga mendapatkan barang yang bagus sesuai keinginan dan harga murah…😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s