Our wedding rings

gambar ini hanya ilustrasi (bukan model cincin kawin kami)

Mumpung hari libur, aku rapel semua progress persiapan pernikahan kami. Minggu lalu, menurut rekomendasi teman yang baru menikah sebulan yang lalu, kami mencari cincin kawin di Melawai, ternyata di sana memang terkenal dengan toko perhiasannya, selain Pasar Baru. Kami ke melawainya udah menjelang sore, cuaca hujan, dan supir taxi nggak tau jalan ke sana pula. Ditambah kami tidak menemukan toko yang dimaksud temanku itu, dia bilang di toko tempat dia aja karena lebih murah dibanding toko lainnya (yang berada di dalamnya). Aku cari di Melawai Plaza toko di maksud temanku, ternyata nggak ada, aku masuk ke dalamnya juga nggak ada. Aku udah mulai nggak mood, akhirnya calonku menyarankan cari toko di Melawai Plaza ini aja, toh di sini melimpah toko emas. Kami pun mulai random tanya salah satu toko, harga cincin kawinnya berapaan, di toko pertama ini menawarkan harga cincin emas putih 65% jadi 450 ribu/gram dan 480 ribu/gram utk 75%, jika ditambah berlian 1 dan cincin prianya perak maka harga jadi 2,5 -3,5 juta (tergantung persen emasnya). Model yg ditawarkan toko ini beragam dan bagus tapi pelayanannya agak mengabaikan kami. Kami lanjut ke toko lain dan kami tanya2, toko ini menawarkan harga 375 ribu/gram utk yg 75%, waaah…lebih murah. Kami pun nyantol di toko ini, namanya Toko Sejahtera. Pelayanannya bagus, kami nggak diabaikan. Ternyata harganya ada tambahan ongkos pembuatan juga, tapi totalnya tetap lebih murah di sini daripada toko yang pertama. Kami memilih2 model yang ada dan ketemu, modelnya sederhana namun manis dan cocok di jari aku maupun calonku🙂.

Cocok dgn harga yg udah kami nego dan mengukur jari, kami DP dan cincin siap diambil dua minggu lagi. Semoga hasilnya bagus dan halus😀.
Tips memilih cincin kawin:
– tentukan mau berapa gram, biasanya yg dijual itu sepasang cincin 10 gram (pria : wanita 5:5 atau 6:4)
– karena pria muslim tidak memakai emas, biasanya disediakan perak utk cincin pria-nya (jadi wanita-nya 4 atau 5 gram)
– kandungan emas putih ada yg 65% atau 75% (tinggal pilih mau yang mana)
– tambahan berlian dihitung lagi di luar harga per gram emas
– jika cincin perak sebaiknya cukup pakai sirkon atau tidak pakai sama sekali (sayang kalo berlian)
– jika mau membandingkan harga antara toko emas, tanya total harga cincin yg kita mau berapa dan minta detailnya termasuk harga apa saja, biasanya ada harga emas itu sendiri (gram), harga berlian, harga perak, harga ongkos pembuatan.
– harga cincin perak berapapun gram-nya harga sama saja
– terkadang ada toko emas yg harga emas/gram lebih murah tapi bisa jadi dia menaikkan di ongkos pembuatan atau berliannya.
– untuk mengukur jari, jangan lupa langsung ukur dijari manis sebelah kanan dan kurangi o.5 sampai 1 ukuran dibawahnya dr hasil ukur jari kita.
– model cincin memang beragam, tapi ingat jika semua cincin terlihat bagus di jari wanita, belum tentu terlihat bagus di jari pria dgn model yg sama dengan wanita
– Jika sudah cocok, DP cincinnya dan tunggulah sampai jadi, jgn lupa buat grafir nama kita di cincin pasangan dan sebaliknya
– jangan lupa surat2nya utk emas dan berliannya
– Selamat berburu cincin kawin untuk calon-calon berbahagia🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s