8

Room visit RSIA Budi Kemuliaan dan RSB Duren Tiga

Yuhuuu…hari ini saya masuk 37 minggu, insya Allah 2-3 minggu lagi ketemu si bayi mungil lucu pintar yang selama ini bercokol di perut saya :). Dua hari yang lalu, di saat pekerjaan sedang lowong-lowongnya, saya menyempatkan diri untuk main ke RSIA Budi Kemuliaan (bukan untuk kontrol) dan RSB Duren Tiga untuk tanya-tanya tentang harga paket persalinan, kamar, dan fasilitasnya. Nah, beginilah hasil survei saya bersama mama yang menemani saya saat itu;

1. RSIA Budi Kemuliaan

Hasil tanya-tanya harga paket persalinan di RSIA Budi Kemuliaan pada tahun 2013, saya diberikan daftar sebagai berikut.

harga paket bersalin budi kemuliaan tahun 2013

Keterngan: * Pasien Pelayanan Berjenjang; adalah pasien yang datang ke RS dan diproses sebagai pasien umum, ditangani dokter umum, bidan, dan dokter kandungan yang ada pada saat insiden saja (tidak bisa memilih dokter kandungan).

*Pasien Pelayanan Priadi; adalah pasien yang sudah ngetag siapa dokter kandungan yang pasien pilih, kapan pun pasien masuk RS maka akan ditangani dokter kandungan yang telah dipilihnya tersebut.

Saya belum sempat visit ke kamar-kamarnya, tetapi RSIA Budi Kemuliaan menyediakan brosur yang sudah ada foto dan keterangan fasilitas kamarnya. Ada 5 jenis kamar berdasarkan jumlah pasien dalam satu kamar. Hasil tanya-tanya saya ke pegawai di RS, bahwa bayi tetap berada di dalam ruangan khusus bayi yang satu lantai dengan kamarnya dan bisa dipindahkan ke kamar sesuai permintaan ibu. Kamar-kamar yang tersedia pada tiap jenisnya lumayan banyak (saya lupa mencatatnya..hehe) jadi tidak ada kekhawatiran kamar full untuk jenis yang diinginkan. Untuk kamar Tribuana, Mahendradata, dan Subadra bisa ditunggu keluarga dan jam kunjung bebas, 3 jenis kamar ini ada di lantai 6. Sedangkan kamar jenis Larasati dan Srikandi mempunyai jam besuk tertentu. Bagusnya RSIA Budi Kemuliaan ini adalah rumah sakitnya besar, bersih, asri, nyaman, apalagi ada taman hijau di depan lobinya. Karena saya PNS, RS  ini sudah tidak bekerjasama dengan Askes lagi namun bisa kerjasama untuk membantu reimburse Askes.

Untitled-1

Untitled-2

Scan Image 2013-05-02 12-34-22

2. RSB Duren Tiga

Survei saya berikutnya ke RSB Duren Tiga di daerah duren tiga Jakarta Selatan. Saya melirik RS ini karena dekat dari rumah dan sudah terkenal sejak jaman dahulu kala (sama sih kaya Budi Kemuliaan yang udah terkenal dari dulu). Rumah sakitnya tidak besar, hanya terdiri dari 3 lantai tanpa lift pula…hehe, bangunan masih lama dan loby serta koridor kamarnya kurang sejuk. Untungnya saat saya lihat kamar-kamarnya, alhamdulillah kamarnya bagus, bersih, dan nyaman. Oya, RS ini nggak ada brosur harga yang bisa dibagikan jadinya kita hanya dijelaskan di tempat, tapi saya sempat mencatat harga paket persalinan di sana. Check itu out: *semua harga terhitung dalam ribuan yaaa :)*

1. Kamar Anggrek A (1 ps):   Normal (9.700 – 10.500); +Induksi (11.000 – 11.500); Sesar (21.000 – 21.500)

2. Kamar Anggrek B (1 ps):   Normal (9.250 – 10.000);  +Induksi (10.500 – 11.000); Sesar (20.500 – 21.000)

3. Kamar Anggrek C (1 ps):   Normal (8.700 – 9.250)   ;  +Induksi (10.000 – 10.250); Sesar (19.800 – 20.250)

4. Kamar Melati (2 ps)        :   Normal (7.500 – 8.000)  ;  +Induksi (8.500  9.000)       ; Sesar (16.750 – 17.250)

5. Kamar Mawar (3 ps)       :   Normal (6.250 – 6.750)   ;  +Induksi (7.250 – 7.500)     ; Sesar (14.750 – 15.250)

6. Kamar Cempaka (8 ps)  :   Normal (4.600 – 5.000)   ;  +Induksi (5.750 – 6.000)     ; Sesar (12.000 – 12.500)

Setiap jenis tindakan adalah paket harga untuk 3 hari. Pemberlakuan hitungan 1 hari dimulai jam 8 malam, jadi jika kita masuk pukul 5 sore maka pada jam 8 malam itu juga sudah terhitung 1 hari (Nah, rugi bener yak…hehe). Tapi jika kita masuk jam 8 malam ke atas maka satu harinya 24 jamkemudian. Hasil survei kamarnya, saya hanya lihat 2 jenis kamar yakni Anggrek A yang luasnya lumayan, isi 1 tempat tidur, kamar mandi, 1 ekstra bed, 1 set meja makan & kursinya, kulkas, lemari, TV, dan AC, nuansa kamarnya hijau nyaman. Lalu saya melihat kamar Anggrek B yang luasnya lebih kecil dari Anggrek A dengan isi 1 tempat tidur, lemari, TV, AC, 1 ekstra bed, sofa. Sedangkan informasi dari susternya, Anggrek C luasnya sama dengan Anggrek B tetapi tidak ada lemarinya. Luas kamar Melati juga hampir sama hanya diisi oleh 2 pasien.

Semua kamar memberlakukan sistem rooming-in pada bayinya kecuali kamar Cempaka. Dan RS ini sangat mendukung ASI eksklusif sehingga mereka tidak menyediakan susu formula di RS agar ibu termotivasi untuk memberikan ASI pada bayinya. RSB Duren Tiga juga tidak bekerja sama dengan Askes namun bisa dibantu proses reimburse-nya.

Well, cukup dulu hasil survei pada hari Selasa 30 April 2013 lalu. Kesimpulan saya bahwa harga persalinan normal untuk kamar yang sendiri, hampir sama jumlahnya. Apabila RSIA Budi Kemuliaan hanya 2 hari untuk paket normal, RSB Duren Tiga untuk 3 hari. Jika mau tambah 1 hari (jadi 3 hari untuk normal) maka harga didapat tidak jauh beda dengan RSB Duren Tiga. Untuk luas kamar sepertinya luasan di Budi Kemuliaan deh, sebab RS ini memang besar sih…hehe. Nah, di RSB Duren Tiga jika kena operasi sesar maka harganya jauh lebih mahal daripada di RSIA Budi Kemuliaan. Jangan sampe dioperasi deh kalo lahiran di RS ini…:D

So, dede sayaaang kamu maunya lahir di RS mana nak? Di mana pun kamu lahir semoga bisa lahir dengan alami, normal, spontan, lancar, sehat dan selamat ya nak…aamiiin :).