Galeri
11

Review Gadih Ranti dan Tunas Catering di pernikahan kami

Pelaminan minang bagonjong di acara pernikahanku :)

Yipiiii…akhirnya dapat juga foto-foto dekorasi di pernikahan kami. Pernikahan yang berlangsung pada tanggal 23 Juni 2012 di Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial ini menggunakan katering dari Tunas Catering dan pelaminan + rias dari sanggar Gadih Ranti. Beberapa foto dekorasi pelaminan dan katering yang tertangkap oleh kamera akan saya upload di bawah ini. Kami menggunakan tema warna ungu-emas baik untuk pelaminan dan katering, saran saya sebaiknya tema warna antara pelaminan dan katering memang harus senada kalau jika tidak maka akn terlalu banyak warna yang kurang sedap dipandang.

Sila melihat-lihat bagi yang membutuhkan referensi untuk kedua vendor ini:

Tunas Catering; kami menggunakan vendor Tunas untuk katering dan dekorasinya (selain pelaminan), dengan modal cerewet apa maunya saya saat itu, alhamdulillah Tunas dapat mewujudkan sesuai dengan keinginan saya meskipun tidak 100% tapi saya dan suami serta keluarga alhamdulillah puas :). Terima kasih untuk kerjasamanya. Ohya saran untuk para calon pengantin bahwa sebaiknya menetukan warna bunga apa saja yang hendak dipakai untuk dekorasi pernikahannya, setidaknya 3 – 4 warna bunga saja, jangan terlalu banyak terutama jangan menabrakkan warna-warna mencolok seperti merah dengan kuning. Misal bunga merah ditemani pink, putih, krem. Selamat berkreasi :D

Dekorasi dessert

Meja buffet

Meja gubukan

Meja buffet lainnya

Dekorasi bunga di sisi karpet merah

Ruang VIP

Gadih Ranti adalah vendor yang kami gunakan untuk pelaminan minang bagonjong, baju pengantin, serta rias wajah. Alhamdulillah, saat masuk ke dalam ruangan saat pagi-pagi hari, saya dan mama kagum dengan pelaminannya…wooo, warna emas dan ungu-nya kelihatan mewah :))). Kemudian hasil riasannya juga wow…banyak sanak keluarga dan teman-teman yang bilang saya cantik :”).

Baju pengantin minang dan gapura emas-ungu

Tarian minang

Galeri
0

Tak Selamanya Vendor Terkenal Hasilnya Bagus

Malam ini, saya dan keluarga pergi mengunjungi pernikahan saudara kami di Gedung Balai Kartini. Dengan melihat gaya hidup saudaraku dan istrinya ini, perkiraanku mereka akan menyuguhkan pesta yang menarik apalagi sanggar yang mereka gunakan sudah punya nama dalam pelaminan minang, yakni Djus Masri. Saat saya hadir ke Balai Kartini, pelaminan bagonjong yang dibuat tidak sebagus dan se”wah” yang saya perkirakan!! Serpihan gabus putih terlihat di sisi tiang pelaminan, pepohonan di belakang pelaminan sedikit sekali, baju yang digunakan pengantin pria juga biasa2 saja.

Review kateringnya, saudara sepupu saya menggunakan katering dari balai kartininya, bernama katering balai kartini. Biasanya katering yang bertanggung jawab untuk dekorasi selain dekorasi pelaminan, tapiii saat saya datang, komentar saya “kok sepi yaa dekorasinya?”. Katerinng cuma menyediakan beberapa standing lamp yang di atasnya ada sedikit bunga, ada 4-5 buah pot bunga, meja prasmanan & dessert tidak dibungkus taplak sama sekali & meja prasmanan hanya ada di satu titik. Tampilan dekorasi secara keseluruhan menurutku kurang. Sayang sekali, padahal setahu saya, saudara saya tidak sedikit dana yang dia keluarkan, jauh di atas saya saat menikah 2 minggu lalu.Menurut kesimpulan saya, yang membuat kurang yakni karena saudara saya memakai jasa katering balai kartini, bukan dari luar yang sudah ternama yang bisa menyediakan makanan enak sekaligus dekorasi wah. Sedangkan untuk rasa makanan katering balai kartini saya bilang enak semua.

Ohya, satu lagi pernikahan saudara saya bulan Februari lalu. Katering yang dia pakai bernama Yvonne, saya belum pernah dengar sebelumnya tapi saya pernah melihat katering ini di Wedding Expo Bidakara, saya menganggap vendor2 yang ada di Wedding Expo udah punya nama.hehee…Nah, kembali lagi ke pernikahan saudara saya itu, katering Yvonne menurutku makanan yg ditawarkan enak-enak semua (bakwan malang, pasta, choco melted) tapi lagi-lagi kok sepi dekorasi ya? Tidak ada bunga di acara pernikahan saudara saya itu, yang ada hanya ornamen2 minang berwarna silver. Mungkin ini permintaan pengantin, mungkin lho..tapi menurut saya mana ada pengantin yang tidak ingin bunga?? Jarang-jarang toh…kan bunga membuat dekorasi semakin indah dan cantik :).

Yup, kesimpulannya bahwa belum tentu sanggar atau katering yang punya nama dengan harga yang mahal menawarkan sesuatu yang “wah” juga, mungkin untuk katering mahal dap[at dipastikan makanannya terjamin enak, namun belum tentu dekorasinya. Jadi, buat para capeng yang merencanakan pernikahan, apa pun vendor yang sudah kamu pilih, meskipun tidak terkenal jangan sedih dulu, rajin2 browsing, rajin2 liat majalah pernikahan utk dapat inspirasi suasana pernikahan yg indah dan cantik kemudian mintalah ke vendor2nya apa yang kita mau :). Sedangkan buat yang udah booking vendor katering ternama, kualitas makanan tidak diragukan lagi dan harga juga di atas rata-rata, naaah…nggak ada salahnya kalian juga cerewet untuk minta dekorasi yang bagus, terutama bunga segar harus ada di dekorasi pernikahan…sayang lho udah bayar mahal tapi sepi dekorasi, inget dekorasi yang cantik & menarik untuk hasil fotografi yang bagus juga. Sehingga saat kamu lihat2 kembali album pernikahan, semuanya tampak indah :).

0

Sanggar & Pelaminan Pernikahan

Sebelum saya terlibat langusng dengan acara yang namanya pernikahan, saya nggak mengerti apa-apa saja paket yang terlibat dalam acara pernikahan. Jadi, pada acara pernikahan itu ada paket2 yang harus dipersiapkan seperti katering (makanan dan dekorasi ruang), sanggar pelamianan (pelamianan & dekorasinya, baju resepsi, MC resepsi, musik/kesenian hiburan), sanggar rias (rias pengantin & keluarga, baju kebaya), banyak juga sanggar rias dan pelaminan berada dalam satu frame. Karena saya memilih paket wedding organizer yang termasuk katering sekaligus sanggar rias dan pelaminan, jadi saya tinggal memilih sanggar yang bekerjasama dengan katering Tunas, ada 3 vendor sanggar minang di Tunas katering; Komala Hadi, Riz-Q, dan Gadih Ranti, di luar minang ada Roemah Pengantin veny rahman. Sedangkan pelaminan lainnya yang sudah punya nama di dekorasi minang seperti Elly Kasiem, Djus Masri, Des Iskandar menawarkan pelaminan dengan harga yg “wah”  mungkin dengan hasil yang “wah” juga.

Bagi yang menggunakan paket pernikahan, dekorasi pada pernikahan dibagi dua yakni dekorasi pelaminan dan dekorasi katering. Jadi dekorasi antara keduanya harus sinkron dan nyambung, karena dekorasi keduanya dari vendor yang berbeda. Maka dari itu, perlu menyusun konsep dekorasi yang jelas dari awal mengenai warna, aksesoris atau ornamen yang akan digunakan, layout, bunga-bunganya, dan lain-lain, agar bisa dijelaskan pada kedua vendor tersebut. Warna yang digunakan pada dekorasi minimal 2 warna dan tidak lebih dari 3 warna primer atau hasilnya akan tabrakan. pasangan warna-warna biasanya dipadukan dengan warna emas, silver, atau putih. Sekarang ini pelaminan banyak sekali ragamnya, buat yang ingin sesuai adat jangan khawatir karena semua adat tersedia. Beberapa pelaminan adat yang banyak dijumpai adalah:

1 Gebyok; pelaminan gebyok digunakan pada semua adat Jawa dari Jawa Barat sampai Jawa Timur dan bisa juga dikategorikan nasional.

     

2. Pelaminan Minang

  

  

3. Pelaminan Melayu

4. Pelaminan Timur Tengah (rata-rata agak mirip dengan pelaminan melayu)

5. Pelaminan Palembang

6. Pelaminan Lampung

7. Pelaminan Betawi

8. Pelaminan Sulawesi

9. Pelaminan Internasional (pelaminan internasional biasanya menawarkan harga paket yang lebih murah dibandingkan pelaminan adat).

 

Daaan masih banyak lagi pelaminan lainnya yang digunakan orang, tapi menurut pengamatan saya pelaminan yang banyak digunakan adalah gebyok karena lebih nuansa nasional bagi pengantin yang berasal dari beberapa adat yang berbeda. Begitu pula dengan baju pengantin, mayoritas yang digunakan adalah kebaya yang lebih bersifat nasional serta kebaya juga digunakan dengan memadu padankan dengan adat.

0

Bermain ke sanggar rias & pelaminan

Setelah membayar DP ke Tunas, kami mengunjungi Gadih Ranti untuk menetukan warna baju resepsi kami. Sebab hal ini berkaitan dengan seragam keluarga yang akan kami beli nanti :). Dengan formasi yang sama; orang tua, abang, calon suami, dan aku, kami berangkat ke Gadih Ranti tanggal 14 Januari 2012 yang terletak di Jl. Kramat Jaya Baru, Jakarta Pusat.

Alhamdulillah, tempatnya gampang dicari. Tema pelaminan dan baju aku Emas-Ungu, semoga ada yg tersedia. Aamiiin…. Sesampainya di sana, kami masuk ke dalam semacam ruang tamu yang penuh dengan foto2 berbingkai para pengantin, deretan baju2 pengantin dan kumpulan album2 foto di meja-nya. Kamiu melihat-lihat album foto sembari menunggu orangnya yg kebetulan sedang keluar sebentar. Ada contoh pelaminan bagonjong di Depsos yang warnanya maroon-gold, nah aku pengennya warna maroon tersebut dihganti ungu.
Setelah mba-nya datang namanya Mba Ning, kami langsung minta contoh warna pakaian pengantin nuansa emas-ungu, dan mba-nya cari dan eng ing eng…ada!! Alhamdulillah..sesuai harapan, warna ungunya agak gelap, banyak warna emasnya juga plus dari bahan beludru (sesuai keinginanku). Dan kata mba-nya pakaian ini baru dipakai sekali atas permintaan pebulu tangkis Markis Kido beserta istrinya. Hihihi…asiiik, “bekas” dipake atlet terkenal. Tapi aku dan calon belum tentu jadi pemakai yang kedua karena acara kami masih 5 bulan lagi, kemungkinan ada pasangan lain yang menggunakan duluan. ya sudahlah nggak apa2.
Baju pengantin wanita
Baju beskap bapak dan pengantin wanita
Kami pun langsung mencoba bajunya, alhamdulillah yang aku pas tapi yang dipakai calon suami kebesaran. Ya gimana lagi, tuh baju dipakai atlet yang badannya oke, sedangkan calonku? yaa..stdandar2 aja dia..hehehe :D. Terus mba Ning bilang bisa aja sih dibuat yang ukuran lebih kecil tapi kita kena biaya sewa perdananya lagi yang lumayan mahal (minimal 1 juta), aih..gimana ini. Terus kita nego2 supaya jangan kena tambahan tapi tetap nggak bisa. Tapi jika bahan yang sama nggak ditemukan makan baju yang ada itu akan diperkecil ukurannya dan nggak kena biaya tambahan. Dan kami pun berharap semoga nggak ketemu bahannya…hehehe :).
Selesai dengan baju pengantin beserta selopnya yang senada dengan bajunya, kita memilih beskap buat bapak kandung, dan dikeluarkanlah beskap ungu tua yang baguuusss…langsung deh menentukan ukuran buat papa dan bapak mertua. Terus beska2 yg untuk saudara kandung warna hitam saja. Lalu, aku tanya ada penyewaan pakaian akad nikahnya nggak? kata mba Ning, untuk pria ada beberapa stel sedangkan untuk wanita cuma sedikit macamnya, yang warna putih cuma ada satu atau dua gitu, karena biasanya baju akad wanita bikin sendiri. Waduh, bagaimana donk. Dan harga yg ditawarkan juga lumayan, untuk satu stel pria berupa beskap putih, celana, kain, dan peci harga sewanya 750 ribu, sedangkan untuk kebaya dan kain wanita (tdk termasuk kerudung bagi yang berjilbab) harganya 1 juta, itu pun model kebaya putih di sana pilihannya dikit banget. Ya sudah, kita pertimbangkan lagi deh. Rencananya kebaya untuk aku beli aja dan kalau ada juga beskap untuk pria juga beli (tapi kalo lebih mahal nyewa aja deh, hehehe…)
Yap, cukup dulu main2 di sanggar Gadih Ranti-nya..Semoga cocok terus baik pakaian, rias, pelaminan dan harganya…hahaha.